PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN KELOMPOK LQ 45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

Gema Fajar Ramadhan, Fitria Husnatarina, Leliana Maria Angela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kebijakan hutang dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini sebanyak 81 perusahaan kelompok LQ 45 yang listing dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh sebanyak 16 sampel. Analisis regresi sederhana digunakan dalam penelitian ini untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara individu. Hasil analisis menunjukkan bahwa selama periode 2012-2016 kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan.

Keywords


Nilai Perusahaan, Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen

Full Text:

PDF

References


Agung, I Gusti Ngurah. (2003). Statistika (Penerapan Metode Analisis untuk Tabulasi Sempurna dan Tak Sempurna. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Brigham, Eugenie F.(1992). Fundamental of Financial Management. The Dryden Press International Edition. Sixth Edition.

Euis Soliha dan Taswan. (2002).“Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. STIE STIKUBANK, Semarang

Ghozali, Imam. (2013). Analisis Multivariete dan Ekonometrika (Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D., (1995), Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta, Terjemahan: Drs. Ak. Sumarno Zain, MBA, hal. 233-251.

Hartono, Jogiyanto. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis (Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman). Yogyakarta: BPFE.

Hasnawati, S. (2005). Implikasi Keputusan Investasi, Pendanaan, dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta. No. 09/Th XXXIX. September 2005: 3341.

Hery. (2015). Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Hidayat, Azhari. (2009). Pengaruh Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Husnan, Said. (2015). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Irianto, Agus. (2009). Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi, dan Penegmbangannya). Jakarta: Kencana.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Lifessy Martalina. (2011). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Malinda, M., dan Martalena. (2011). Pengantar Pasar Modal. Yogyakarta: ANDI.

Martono dan Agus Harjito. (2005). Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Penerbit Ekonisia.

May, Ellen. (2013). Smart Trader Rich Investor. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Murdiyati, Umi. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).

Mutamimah. (2003). Analisis Struktur Modal Pada Perusahaan-Perusahaan Non Finansial Yang Go Public Di Pasar Modal Indonesia. Jurnal Bisnis Strategi. Vol. 11 Juli. Pp 71-60.

Pradipa, Bagas Maulana. (2015). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Sartono, Agus. (2011). Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Schroeder, et.al. (2001). Accounting Theory and Analysis–Text Cases and Readings. 7th Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Leverage, Faktor Intern, dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan

(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 9. No. 1. Maret, pp. 41-48.

Susanti Rika. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Public yang Listed Tahun 2005-2008). Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Untung, E., dan Sugiono, A,. (2016). Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan . Jakarta: Grasindo.

Widoatmodjo, Sawidji. (2015). Pengetahuan Pasar Modal untuk Konteks Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wijaya, Lihan Rini Puspo, Anas Wibawa. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto 2010.

Yuniati, Mei. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Profitabilitas dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Accounting.




DOI: 10.31002/rak.v3i1.608

Article Metrics

Abstract view : 243 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan)

P-ISSN: 2541-1209 E-ISSN: 2580-0213

published by : Accounting Department Faculty of Economics, Universitas Tidar