Pengaruh Ukuran Crumb Rubber Mesh #80 dan Mesh #120 (Serbuk Limbah Ban Karet) pada Penambahan Campuran Laston untuk Perkerasan Jalan

Heru Hariyadi, Yudhi Pratama, Sigit Sigit, Lulut Fadhilah, Woro Partini Maryunani, Sudarno Sudarno

Abstract


Peningkatan jumlah kendaraan bermotor berbanding lurus dengan kenaikan limbah Ban karet. Limbah ban karet yang belum banyak dimanfaatkan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian penggunaan serbuk limbah abn karet untuk perkerasan jalan raya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai marshall dengan membandingkan besarnya komposisi campuran perkerasan jalan yang dihasilkan dengan penambahan campuran serbuk limbah ban karet (crumb rubber) mesh #80 dan mesh #120 yang memiliki nilai stabilitas dan kualitas yang baik dan memenuhi syarat perencanaan campuran aspal sesuai dengan spesifikasi bina marga tahun 2010. Penelitian ini menggunakan variasi limbah ban karet (Crumb Rubber) mesh #80 dan mesh#120 dengan variasi prosentase 0%,1%,2%,3% dan kadar aspal dengan variasi prosentase 5%, 5,5%, 6%, 6,5%. Berdasarkan hasil sementara penelitian tersebut bahwa dengan penambahan serbuk limbah ban karet (crumb rubber) sebanyak 2% mesh #120 menunjukkan nilai stabilitas yang telah memenuhi spesifikasi dan stabilitas tertinggi pada kadar aspal 6%, sedangkan nilai flow semakin bertambah dengan banyaknya kadar aspal dan nilai hasil bagi marshall tertinggi pada kadar aspal 5,5%.

Keywords


Serbuk Ban Karet, Uji Marshall

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2014). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor menurut Jenis Tahun 1987-2013. http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=17&notab=12. Diakses Pada Tanggal 27 Oktober 2017 Pukul 15.00 WIB.

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum. (2010). Lapis Resap Pengikat dan Lapis Perekat. Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta, Indonesia.

Kennedy, T.W. (2000). Characterization of Asphalt Pavement Material Using the Indirect Tensile Strength, Proceeding Association of Asphalt Paving Technology, Volume 46. Center for Transportation Research The University of Texas, San Antonio, USA.

Laos dan Goestiawan, (2015). Pengaruh Penambahan Serbuk Ban Karet pada Campuran Laston untuk Perkerasan Jalan Raya. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Purnomo, Wahyu. 2012. “Perancangan Laboratorium Campuran Perkerasan HRS-WC dengan Crumb Rubber sebagai Filler”. Tesis Master. Universitas Gadjah Mada.

SNI. (2015).Spesifikasi Campuran Beraspal Panas Bergradasi Menerus (Laston).

Sigmaaldrich. 2004. Particle Size Conversion. http://www.sigmaaldrich.com/chemistry/stockroom reagents/learningcenter/technical- library/particle-size-conversion.html. Diakses Pada Tanggal 27 Oktober 2017 Pukul 15.00 WIB.

Sugiyanto, G., (2008). Kajian Karakteristik Campuran Hot Rolled Asphalt Akibat Penambahan Limbah Serbuk Ban Bekas. Jurnal Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Indonesia.

Suhaemi, M. 2013. Alternatif Pengganti Aspal Minyak dari Olahan Limbah Vulkanisir Ban. (Karya Tulis Mahasiswa Universitas Sebelas Maret pada Kompetisi Rancang Bangun Jurusan Teknik Sipil Universitas Udayana Tahun 2013)

Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________ Sekretariat Jurnal Reviews in Civil Engineering

Gedung 01 Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id