EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL

NANIK ISTIKA WATI

Abstract


Keberhasilan siswa dalam belajar memerlukan pengalaman-pengalaman dari kehidupan sehari-hari yang dimasukkan ke dalam proses pembelajaran tematik integratif. Untuk memberikan pembelajaran tematik integratif kepada siswa, dapat dilakukan melalui penanaman nilai-nilai kearifan lokal dimana siswa berada. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan dan melestarikan kebudayaan lokal yang ada disekitar lingkungan siswa khususnya di Sekolah Dasar Kabupaten Pati. Pembelajaran dengan berbasis kearifan lokal merupakan salah satu tuntutan yang ada didalam kurikulum 2013.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menemukan efektivitas model pembelajaran Cooperative Review (CR) dalam pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar (SD) kabupaten Pati, (2) Menemukan efektivitas model pembelajaran Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar (SD) kabupaten Pati, dan (3) Menemukan perbedaan efektivitas model Cooperative Learning (CL) tipe Cooperative Review (CR) dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar (SD) kabupaten Pati.

Penilitian ini merupakan penelitian eksperimen true experimental dengan bentuk pretest-posttest group disign. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tipe CR memiliki tingkat efektivitas yang lebih baik dibandingkan dengan tipe CS dan model konvensional dalam perolehan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik integratif.


Keywords


Model Cooperative Leranin, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF


DOI: 10.31002/ijel.v1i2.595

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.