IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERATAAN GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Citra Dewi Dewi

Abstract


Penelitian ini berjudul: Implementasi Kebijakan Pemerataan Guru (Studi Kasus pada SMK di Kabupaten Bengkulu Utara). Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini berawal dari adanya program dari pemerintah yang telah mengeluarkan kebijakan pendidikan tingkat menengah di mana perbandingan SMA dan SMK yaitu 70 SMK dan 30 untuk SMK. Kebijakan ini merupakan peluang bagi pengembangan sumber daya manusia akan tetapi sekaligus menjadi tantangan baik dalam lingkungan pendidik dan tenaga kependidikan, biaya, sarana dan prasarana, dan sistem penilaian. Tantangan yang paling konkrit adalah keseimbangan rasio dan pemerataan guru. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi kebijakan pemerataan guru di SMK Kabupaten Bengkulu Utara. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini berupa teori yang berkaitan dengan implementasi kebijakan dan manajemen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Implementasi kebijakan pemerataaan guru yang meliputi analisis lingkungan, perencanaan,  pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian yang prima dapat meningkatkan mutu pendidikan karena sudah terpenuhinya kebutuhan guru yang mengajar sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Dari hasil penelitian ini maka perlu direkomendasikan beberapa hal, diantaranya; diperlukan Undang Undang tentang profesi guru sebagai pedoman guru dalam melakukan tugasnya secara profesional,  perlu diadakan pelatihan terhadap guru dalam meningkatkan profesionalitas yang sesuai dengan bidang keahlian dan kompetensi yang akan diberikan.


Keywords


Kebijakan; Pemerataan Guru; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v1i2.649

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indonesian Journal of Education and Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at jurnal.untidar.ac.id/index.php/edulearning.

site
stats

View IJEL Stats