MENGENANG KEMBALI SOSOK MUKTI ALI DAN PEMIKIRANNYA TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA ERA MILENIUM

Rafiqa Noviyani

Abstract


Abstrak

Mengenang kembali sosok Mukti Ali dalam ingatan segar untuk era milenium ini akan memberikan semangat baru dalam menelaah kembali tujuan pendidikan di Indonesia. Adanya relevansi pendidikan yang digagas oleh Mukti Ali ini, sangatlah dapat dirasakan untuk saat ini. Hal tersebut dapat kita lihat dari munculnya a new trend dalam kelembagaan pendidikan Indonesia. Salah satu yang tak lekang oleh waktu adalah upaya Mukti Ali untuk menghilangkan pendidikan yang dikotomik dengan konsep agree in disagreement. Perbedaan dalam konsep agree in disagreement ini dapat kita rasakan dengan hadirnya konsep pendidikan yang terintegrasi antara agama, manusia, dan masyarakat. Sehingga konsep integrasi yang telah tergagas dapat berlanjut dengan estafet kepemimpinan yang dapat kita rasakan pada kepemimpinan Amin Abdullah, hingga akhirnya konsep integrasi pendidikan tersebut dapat berkembang menjadi ciri khas unik untuk UIN Sunan Kalijaga. Sedangkan untuk estafet hasirnya integrasi pendidikan ‘ala Amin Abdullah dapat menjadi perhatian khusus untuk lembaga pendidikan seperti sekolah Islam Terpadu. Untuk itu, dalam penulisan penting kiranya menggambarkan kembali bagaimana sosok Mukti Ali dalam perjalanan akademik, politik dan dunia internasionalnya.


Full Text:

PDF


DOI: 10.31002/ijel.v1i2.654

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.