Perbandingan Pembelajaran Strategi Konflik Kognitif Bersetting Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar

Dhanar Dwi Hary Jatmiko

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas X SMK Negeri 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara strategi konflik kognitif bersetting pemecahan masalah dengan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan kelompok kontrol non ekuivalen dengan melibatkan satu kelas (29 siswa) kelompok eksperimen dan  satu kelas (29  siswa)  kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil belajar siswa kemudian dianalisa dengan uji chi-kuadrat untuk uji data normal, uji-F varian terbesar dibanding varian terkecil untuk uji homogenitas, uji-t untuk uji hipotesis yang parametrik, dan uji-U untuk uji hipotesis non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada siswa kelompok kontrol secara signifikan.


Keywords


hasil belajar; pemecahan masalah; strategi konflik kognitif

Full Text:

PDF

References


Chow, T.-C. F., & Treagust, D. F. (2013). An Intervention Study Using Cognitive Conflict to Foster Conceptual Change. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 36(1), 44–64.

Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar. Bandung: P2LPTK.

Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Foster, C. (2011). A Slippery Slope: Resolving Cognitive Conflict in Mechanics. Teaching Mathematics and Its Applications, 30(4), 216–221.

Gusnidar, Netriwati, Putra, F. G., (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software Wingeom dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 62-69.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74

Hewson, P. W. & Hewson, M. G. A. (1984). The Role of Conceptual Conflict in Conceptual Change And The Design of Science Instruction. Instructional Science Elsevier Science Publishers B.V, 13(1), 1–13.

Kang, H., Scharmann, L. C., Kang, S., & Noh, T. (2010). Cognitive Conflict And Situational Interest As Factors Influencing Conceptual Change. International Journal of Environmental & Science Education, 5(4), 383–405.

Kao, H. L. (2007). A Study of Aboriginal And Urban Junior High School Students’ Alternative Conceptions on The Definition of Respiration. International Journal of Science Education, 29(4), 517–533.

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2011). Buku Paket Modul Bagi Guru Sekolah Dasar. Jember: FKIP Universitas Jember.

Kruger, A. C. (1993). Articles Peer collaboration: conflict, cooperation, or both? Social Development, 2(3), 165–182.

Labobar, H. et al. (2015). The Effect of Cognitive Conflict Strategy to Chemical Conceptual Change. International Journal of Science and Research (IJSR). 6(4), 2350-2352.

Limón, M. (2001). On The Cognitive Conflict As An Instructional Strategy For Conceptual Change: A Critical Appraisal. Learning and Instruction, 11(4–5), 357–380.

Madu, B. C., & Orji, E. (2015). Effects of Cognitive Conflict Instructional Strategy on Students’ Conceptual Change in Temperature and Heat. SAGE Open, 5(3), 2158244015594662.

Major, T. E., & Mangope, B. (2012). The Constructivist Theory in Mathematics: The Case of Botswana Primary Schools. International Review of Social Sciences and Humanities, 3(2), 139–147.

Moshman, D., & Geil, M. (1998). Collaborative Reasoning: Evidence for Collective Rationality. Thinking & Reasoning, 4(3), 231–248.

Nur, M. (2000). Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Stevens, J. P. (2009). Applied multivariate statistics for the social sciences. New York: Routledge.




DOI: 10.31002/ijome.v1i1.912

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2654-3907 (print) | 2654-346X (online)

Jalan Kapten Suparman No.39, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax. (0293) 362438

Website : http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijome