Model Desain Pembelajaran Matematika

Muhamad Galang Isnawan, Arief Budi Wicaksono

Abstract


Model desain pembelajaran (MDP) dalam pembelajaran matematika adalah rancangan pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik demi tercapainya tujuan pembelajaran. Rancangan tersebut meliputi rancangan tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. MDP terdiri atas beberapa komponen, yaitu peserta didik, tujuan pembelajaran, analisis pembelajaran, strategi pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian belajar. MDP, khususnya dalam pembelajaran matematika memiliki beberapa fungsi, yaitu menjadikan peserta didik sebagai fokus dalam  pembelajaran matematika; menciptakan pembelajaran matematika yang efektif, efisien, dan menarik; mendukung koordinasi antara desainer dan mereka yang menginstruksikan; memfasilitasi diseminasi;  dan memfasilitasi kesesuaian antara tujuan, aktivitas, dan penilaian dalam pembelajaran matematika. Adapun jenis MDP matematika meliputi: MDP berorientasi kelas (Model ASSURE), MDP berorientasi sistem (Model ADDIE), MDP berorientasi produk (Model Hannafin & Peck), MDP prosedural (Model Dick & Carey), dan MDP melingkar (Model Kemp).

Keywords


model desain pembelajaran (MDP)

Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N. (2015). Addie model. American International Journal of Contemporary Research, 5, 68-72.

Bello, H. & Aliyu, U. O. (2012). Effect of ‘dick and carey instructional model’ on the performance of electrical/electronics technology education students in some selected concepts in technical colleges of northern nigeria. Educational Research, 3, 277-283.

Conole, G. (2014). The 7cs of learning design-A new approach to rethinking design practice. Makalah dipresentasikan pada International Conference on Networked Learning.

Dalziel, J. (2015). The Art & Science of Learning Design. In:Maina, M., Craft, B., and Mor, Y. (Eds.). Reflections on the Art and Science of Learning Design and the Larnaca Declaration, pp. 3-14. AW Rotterdam: Sense Publishers.

Freeman, R. E. (1994). Instructional Design: Capturing the Classroom for Distance Learning, ACCESS.

Kartikasari, I., Rusdi, M., & Asyhar, R. (2016). Konstruksi dan validasi model desain pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan kreativitassiswa. Edu-Sains, 5, 56-68.

Martin, F. (2011). Instructional design and the importance of instructional alignment. Community Collage Journal of Research and Practice, 35, 955-972.

Putrayasa, I. B. (2012). Buku Ajar: Landasan Pembelajaran, Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.

Scott, B et al. (2007). Cybernatic principles for learning design. Kybernetes, 36, 1497-1514.

Seel, N. M. (2017). Instructional Design for Learning: Theoretical Foundations, AW Rotterdam: Sense Publishers.

Seknun, M. Y. (2014). Telaah kritis terhadap perencanaan dalam proses pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17, 80-91.

Sezer, B., Yilmaz, F. G. K., & Yilmaz, R. (2013). Integrating technology into classroom: The learner-centered instructional design. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4, 134-144.

Supriatna, D. & Mulyadi, M. (2009). Konsep Dasar Desain Pembelajaran. PPPPPTK TK dan PLB.

Suryana, I. M., Suharsono, N., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan bahan ajar cetak menggunakan model hannafin & peck untuk mata pelajaran rencana anggaran biaya. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, 4, 1-11.




DOI: 10.31002/ijome.v1i1.935

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2654-3907 (print) | 2654-346X (online)

Jalan Kapten Suparman No.39, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax. (0293) 362438

Website : http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijome