Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa

Deshinta Puspa Ayu Dwi Argaswari

Abstract


Siswa kelas VIII di MTsN 20 Jakarta memiliki masalah dalam atensi untuk belajar matematika. Hasil pengamatan menunjukkan kurangnya atensi siswa yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun nilai atensi siswa adalah 2,77 dari 4, namun siswa menyatakan tidak tertarik dengan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan pada hasil wawancara, siswa menyatakan merasa bosan dalam belajar matematika dan kurang tertarik pada pokok pembahasan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu strategi yang mungkin dilakukan adalah pengintegrasian sejarah matematika. Hal ini didukung dengan topik mata pelajaran yang sedang dipelajari adalah Pythagoras. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur atensi siswa dikembangkan dari instrumen Attention John Keller. Setelah dilakukan analisis, hasil menunjukkan bahwa rerata atensi siswa naik sebesar 11%. Nilai atensi siswa setelah diberikan desain pembelajaran menggunakan sejarah adalah 3,12 dari 4. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan atensi siswa yang meningkat.

Keywords


atensi; Pythagoras; sejarah matematika

Full Text:

PDF

References


Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Jankvist, Uffe. T. (2009). A categorization of the "Whys" and "Hows" of using history in mathematics education. Sumber: Educational Studies in Mathematics, Vol. 71, No. 3, pp. 235-261. Dipublikasikan oleh Springer. Diakses dari jstor.org: http://www.jstor.org/stable/40284598 .

Jogiyanto. (2008). Metodologi penelitian sistem informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Keller, John. (2010). Motivational design for learning and performance. New York: Springer Science+Bussines Media.

Manfaat, Budi.(2010). Membumikan matematika dari kampus ke kampung. Cirebon : Eduvision Publishing.

Nayazik, Akhmad.(2012). Pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan history of mathematics (HOM) untuk meningkatkan motivasi belajar. Diakses dari ePrints@UNY: http://eprints.uny.ac.id/7487.

Poulsen, Aura., Lam, Khoa., Cisneros, Sarah., & Trust, Torrey. (2008). ARCS model of motivational design. Diakses dari www.torreytrust.com/images/ITH_Trust.pdf.




DOI: 10.31002/ijome.v1i1.950

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2654-3907 (print) | 2654-346X (online)

Jalan Kapten Suparman No.39, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax. (0293) 362438

Website : http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijome