PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERVISI SETS BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Firdaus Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer layak digunakan dalam pembelajaran fisika dan (2) mengetahui apakah media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menerapkan model pengembangan Borg &Gall. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi kemudian dinilai oleh guru fisika, teman sejawat, dan siswa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta III. Hasil penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut. (1) Media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer pada materi fluida dinamis yang dikembangkan sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Penilaian media pembelajaran dari aspek media, materi, dan metode berada dalam kategori sangat baik. (2) Peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer.  

 

Kata Kunci: media pembelajaran berbantuan komputer, SETS, keterampilan pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research. New York: Longman.

Depdiknas. (2007). Model Kurikulum Pendidikan yang Menerapkan Visi SETS (Science, En¬vironment, Technology, and Society). Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Depdiknas. (2010). Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Frank, M. & Barzilai, A. (2006). Project-Based Technology: Instructional Strategy for Developing Technological Literacy. Journal of Technology Education, 18(1), 39-53.

Garofalo, J & Lester, JR. F. K. (1985). Metacognition, Cognitive Monitoring, and Mathematical Performance. Journal for Research in Mathematics Education, 16(3), 163-176.

Kim, M. & Roth, W. M. (2008). Rethinking the Ethics of Scientific Knowladge: A Case Study of Teaching the Environment in Science Classrooms. Asia Pasific Education Review, 9(4), 516-528.

Marini, D. I., Hidayat, A., & Kuasairi, S. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(2013), 8-17.

McGregor, D. (2007). Developing Thinking; Developing Learning: A Guide to Thinking Skills in Education. New York: Open University Press.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment of Students 6th ed. USA: Pearson.

Ogunleye, A. O. (2009). Teachers’ and Students’ Perceptions of Students’ Problem-Solving Difficulties in Physics: Implications for Remediations. Journal of Collage Teaching & Learning, 6(7), 85-90.

Polya, G. (1985). How to Solve It. Princeton: Princeton University Press.

Rusilowati, A. (2006). Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 100-106.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Setiyono, F. P. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal PP, 1(2), 149-158.

Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Bandung: Trim Komunikata Publishing House.




DOI: 10.31002/ijose.v1i1.417

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Indonesian Journal of Science and Education

 Creative Commons License
Indonesian Journal of Science and Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Copyright © Universitas Tidar. All rights reserved. p-ISSN2598-5213, e-ISSN 2598-5205  View my Stat