The Effect of Research Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes

Nursofah Nursofah, Ratna Komala, Rusdi Rusdi

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R. Jayadinata, A. Atun, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 871-880

Anwar, M. (2012). Relationship of creative thingking with the academic achievements of secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education. 1(1): 44-47

Amalia. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confident siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika. 2(2): 72-87

Arifin, P. (2010). Seminar Nasional Research Based Learning. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Blackmore, P. & Fraser, M. (2007). Researching and Teaching. UK:McGraw-Hill International.

Budiman, H. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3d. Jurnal Pendidikan MIPA. 13(1): 1-80

Chamdani, M. Suryandari K. Suyanto, I. (2015). Pengembangan research based learning dengan pendekatan scientific melalui lesson study. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 8(1): 673-682

Chrystis, K. (2015). Research based learning by scientific approach in improving process skill of natural science learning in elementary school. Prosiding Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi UNS. 8 (1): 1075-1079

Ersoy, E. Baser, N. (2014). The effects of problem-based learning method in higher education on creative thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 116: 3494-3498

Hafsah. (2015). Implementation of research based learning in order to improve the quality of learning. Prosiding Seminar Nasional. 496-504

Hoskins, S. Mitchell, J. (2015). Innovative pedagogies series: Research-based learning, taking it a step further. Higher Education Academy. 1-17

Hursen, C. Kaplan, A. Ozdal, H. (2014). Assessment of creative thinking studies in terms of content analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 143: 1177-1185

Karmana. (2013). Memberdayakan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher OrderThinking) Siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Jurnal Prisma Sains. (1): 55-65

Karimah, N. (2016). Kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar pada materi garis dan sudut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 233-243

Kasinyo, H. (2016). Metodologi pembelajaran berbasis active learning. Palembang: Grafindo Telindo

Kuspriyanto, B. Siagian, S. (2013). Strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 6(2): 134-140

Lizelwati, N. (2014). Penerapan model pembelajaran research based learning (RBL) untuk mengembangkan keterampilan kerja ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. 212-217

Luzyawati, L. (2016). Implementasi model project based learning pada materi pencemaran air untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal of Biology Education. 5(1): 100-109

Maghfiroh, Susilo, Gofur. (2016). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. 635-639

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

PUPBR Indonesia. (2010). Pedoman umum pembelajaran berbasis riset. Universitas Gadjah Mada

Salimi, M. Susiani, T. Hidayah, R. (2017). Research based learning sebagai alternatif model pembelajaran di lembaga pendidikam. JPSD. 1(3): 1-9

Serevina, V & Muliyati, D. (2015). The development of research based learning for physics education students. Proseding Seminar Nasional Fisika. Universitas Padjadjaran Jatinangor. 25-33

Setiogohadi. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1): 12-21

Srikoon. Buntern. Samranjai. Wattanathorn. (2014). Research synthesis of research-based learning for education in thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 116: 913-917

Slavin, R. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik. Jakarta: PT Indeks

Suaedin, Hunaepi, Mursali, S. (2015). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi “Bioscientist”. 2(1). 96-201

Surya, M. (2015). Strategi kognitif dalam proses pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Tangi, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis riset terhadap hasil belajar. Jurnal JIPERA. 1(1): 16-22

Trisnasih, A. (2013). Peningkatan ketertampilan proses dan hasil belajar IPA melalui model research based learning siswa kelas V SD. e Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 49-67

Umar, M. (2011). Penembangan pembelajaran berbasis riset di program studi pendidikan fisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo UNG. Laporan Hasil Penelitian Lemlit

Viktorovna, A. (2015). Research into the creative abilities of teachers college students. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 191: 1970-1975




DOI: 10.31002/ijose.v2i2.584

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018

 Creative Commons License
Indonesian Journal of Science and Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Copyright © Universitas Tidar. All rights reserved. p-ISSN2598-5213, e-ISSN 2598-5205  View my Stat