PENGARUH PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TENTANG PERATURAN PERPAJAKAN,PENGALAMAN DALAM MELAKSANAKAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN,MOTIVASI WAJIB PAJAK DAN KEMUDAHAN DALAM MEMBAYAR PAJAK TERHADAP PENERAPAN PAJAK UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM Kabupaten Cilacap)

Kholida Atiyatul Maula

Abstract


Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Cilacap dengan menggunakan metode survey dan membagikan kuisoner kepada 100 pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang merupakan wajib pajak, setelah melakukan analisis dengan mengolah data menggunakan SPSS ditemukan bahwa Pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, Pengalaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, Motivasi Wajib Pajak dan Kemudahan dalam membayar pajak, memiliki pengaruh positif terhadap penerapan Pajak UMKM. Penelitian inijuga memberikan implikasi bahwa berkaitan dengan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, maka pihak KPP Pratama Cilacap sebaiknya mampu menciptakan dan membangun pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, Pengalaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, Motivasi Wajib Pajak dan Kemudahan dalam membayar pajak bagi para Pelaku UMKM yang terdaftar sebagai Wajib Pajak terkait dengan penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013.

 


Full Text:

##Full Text##

References


Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.1995. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Dewi, Komang Trisna Sari. 2015. Persepsi Pemilik Umkm Terhadap Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 Di Kabupaten Buleleng.E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 3, No. 1.

Dewi,Mira Riangga.2011.Persepsi Wajib Pajak Atas Pengenaan Pajak Penghasilan:Antaseden Dan Konsekuensinya. Skripsi.Semarang:Universitas Diponegoro.

Doli, D. Dan Rusydi, M. K. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (Spt) Tahunan Untuk Wajib Pajak Badan. Skripsi.Surabaya: Universitas Brawijaya.

Ghozali,Imam.2011.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 19.Edisi Ke-5.Semarang:Universitas Diponegoro.

Gibson,J.L,Ivancevich,J.M,Donnelly,Jr,J.H.1991.Organisasi:Perilaku,Struktur,Proses (Terj.).Erlangga.Jakarta.

Handayani, Sapti Wuri. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas.Skripsi.Purwokerto:Universitas Jenderal Soedirman.

Hasan,M.Iqbal.2002.Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian DanAplikasinya.Bogor:Ghalia Indonesia.

Indriantoro, Nur. Dan Supomo, Bambang.2002.Metodologi Penelitian. Edisi 1. Bpfe. Yogyakarta.

Ivancevich,J.M,Robert Konopaske,Michael, T. M. 2007. Perilaku Organisasi Dan Manajemen.Erlangga. Jakarta.

Mardiasmo.2008. Perpajakan Edisi Revisi. Cv Andi Offset. Yogyakarta.

Muhammadinah.Dan Effendi, R.2011.Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Bina Darma Palembang Terhadap Profesi Akuntan Http://Blog.Binadarma.Ac.Id/Effendi/.Diakses 10 April 2014.

Norsain. Dan Yasid, A. 2014. Pengaruh Perubahan Tarif,Kemudahan Membayar Pajak Dan Sosialisasi Pp Nomor 46 Tahun 2013 Terhadap Persepsi Wajib Pajak Umkm. Jurnal “Performance” Bisnis & Akuntansi. Vol Iv, No.2.

Priantara, Diaz. Dan Supriyadi, B. 2011.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengusaha Kecil Dan Mikro Mendaftar Menjadi Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. Vol. 13,No. 2, Hal 98-108.

Rachmadi, Wahyu. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wa-jib Pajak Orang Pribadi Atas Peri-laku Penggelapan Pajak. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rahmawati,Ellya.2008.Analisis Pengaruh Pengalaman,Motivasi Dan Pengharapan Wajib Pajak Badan Terhadap Pelaksanaan Self Assessment System Dalam Memenuhi Kewajiban Pajak.Skripsi.Jakarta:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rajif,Mohamad.2011.Pengaruh Pemahaman,Kualitas Pelayanan,Dan Ketegasan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak Pengusaha Ukm Di Daerah Cirebon. Skripsi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Resyniar,Gandhys.2013.Persepsi Penerapan Usaha Mikro Kecil DanMenengah (Umkm) Terhadap Penerapan Pp. 46 Tahun 2013.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Ban-dung: ALfabeta.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhallindo.

Robbins,Stephen P.2003.Perilaku Organisasi Jilid 1.Edisi Indonesia.Pt Indeks. Jakarta.

Robbins, Stephen P. Dan Judge, Timothy A.2008. Perilaku Organisasi. Edisi Ke-12. Salemba Empat. Jakarta.

Rohman, H. Abdul. Dkk. 2011. Kajian Terhadap Kapabilitas Pembukuan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dalam Mendukung Perilaku Kepa-tuhan Wajib Pajak. Jurnal Akun-tansi. Vol Xv, No. 03. Hal 327-343.

Savitri, Wulandari Ajeng.2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Atas Penerapan Pajak Umkm. Skripsi. Purwokerto:Universitas Jenderal Soedirman.

Singarimbun,M.Dan Effendi,S.1995.Metode Penelitian Survey. Lp3es.Jakarta.

Suandy,Erly.2008.Hukum Pajak.Salemba Empat. Jakarta.

Subiyanto, Ibnu. 2000. Metodologi Penelitian.Edisi 3.Upp Amp Ykpn.Yogyakarta.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, Adincha Ayuvisda. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Ke-patuhan Wajib Pajak Dalam Mem-bayar Pajak Penghasilan Orang Pribadi Usahawan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Suliyanto. 2005. Metode Riset Bisnis.Andi. Yogyakarta.

Suliyanto. 2006. Metode Riset Bisnis.Andi. Yogyakarta.

Umar, H. 2002. Metode Riset Bisnis. Pt.Gramedia Utama Pustaka, Jakarta.Undang-UndangRepublik IndonesiaNomor 20 Tahun 2008 Tentang vening. Jurnal Akuntansi Feb Uni Usaha Mikro,Kecil Dan versitas Diponegoro. Vol.1,No. 2,Menengah.Hal 1-11.Undang-UndangRepublikIndonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.

Zulaikha. Dan Nugroho,R.A.2012.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening.Jurnal Akuntans iFeb Universitas Diponegoro.Vol.1,No.2,Hal 1-11.




DOI: 10.31002/rn.v2i2.1329

Article Metrics

Abstract view : 242 times
##Full Text## - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.