MODEL KONSUMSI IKAN PADA KONSUMEN MUDA

Cahyani Pratisti

Abstract


Rendahnya konsumsi ikan pada konsumen muda di Yoyakarta yang merupakan mayoritas penduduk merupakan sebuah ancaman. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mengkonsumsi ikan pada konsumen muda secara signifikan. Kuesioner semi terbuka disebar secara online kepada 350 reponden, terdiri dari 167 orang laki-laki dan 183 orang perempuan. Responden dipilih secara judgment sampling dengan kriteria berusia 18-35 tahun, tidak memiliki alergi terhadap ikan, serta berdomisili di Yogyakarta. Konsumsi ikan dimasa kanakkanak, kesadaran kesehatan, dan tekanan sosial mempengaruhi tingkat konsumsi ikan secara signifikan sedangkan sikap, cara pengolahan dan penyajian, serta harga tidak mempengaruhi. Model penelitian ini berpengaruh sebesar 41% terhadap konsumsi ikan pada konsumen muda. Penambahan variabel-variabel eksternal diperlukan untuk memperkirakan hubungan antar faktor yang lebih kuat.

 

Kata kunci: Perilaku konsumen, Konsumen muda, Konsumsi ikan, Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Aikman, S.N., S.L. Crites, L.R. Fabrigar. 2006. Beyond Affect and Cognition: Identification of The Informational Bases of Food Attitudes. Journal of Applied Social Psychology 36 (March): 82-340.

Altintzoglou, T., B.H. Karina, B. Valsdottir, T., E. Martinsdottir, K. Brunsø, J. Luten. 2010. Translating Barrier into Potential Improvements : the case of New Healthy Seafood Product Development. Journal of Consumer Marketing 27 (March): 224-235.

Ariani, M., T.B. Purwantini. 2002. Analisis Konsumsi Pangan Rumah Tangga Pasca Krisis Ekonomi di Provinsi Jawa Barat. Puslitbang Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor.

Birch, D., L. Meredith, H. Denise. 2012. Drivers and Barrier to Seafood Consumption in Australia. Journal of Consumer Marketing 29 (January): 64-73.

BPS. 2013. Tabel Rata-Rata Konsumsi Protein per Kapita per Hari Menurut Kelompok Makanan dan Kota/Desa di D.I. Yogyakarta 2012, diakses dari (http://www.yogyakarta.bps.go.id) .

Brunsø, K., V. Wim, O.O. Svein, and F.J. Lisbeth. 2009. Motives, Barriers and Quality Evaluation in Fish Consumption Situations : Exploring and Comparing Heavy and Light Users in Spain and Belgium. British Food Journal 111 (July): 699-716.

Damsar. 2002. Sosiologi Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Data Statistik Indonesia. 2011. Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, 2010. Diakses tanggal 30 Oktober 2014, dari (http://www.datastatistik-indonesia.com/portal/index.php?=165).

Dewan Ketahanan Pangan. 2013. Indonesia Tahan Pangan dan Gizi 2015. Diakses pada 5 April 2014, dari (http://www.dewanketahananpangan.go.id).

Effendie, I.M. 2002. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta.

FAO. 2006. FAO Statistic Database. Accessible in 29 August 2014, source from (http://www.apps.fao.org/default.html).

Fox, N., K. Ward. 2008. Health, Ethics, and Environment: A Qualitative Study of Vegetarian Motivations. Appetite 50 (February): 9-422.

Freisling, H., K. Haas, I. Elmadfa. 2009. Mass Media Nutritions Information Sources and Assosiations with Fruit and vegetable Consumption among Adolescents. Journal of Public Health Nutrition 13 (February): 269–275.

Hartono, B., U.W., Ningsih, N.F. Septiarini. 2011. Perilaku Konsumen dalam Pembelian Bakso di Malang. Buletin Peternakan. Vol 35 (Juni): 137-142.

Hawkins, D.I., D.L. Mothersbaugh. 2010. Consumer Behavior, Building Marketing Startegy. 11th. Mc Graw Hill Companies, Inc., New York.

Hurlock, E.B. 1988. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga, Jakarta.

Institute of Medicine. 2007. The Definition of Health Awareness. Accessible in 29 August 2014, source from (http://www.iom.edu/).

JIFSAN (Joint Institute for Food Safety and Applied Nutrition). 2002. Improving the Safety and Quality of Fresh Fruit and Vegetables : A Training Manual for Trainers. University of maryland, Symons Hall, College Park MD. Accessible in 29 August 2014, source from (http://www.jifsan.umd.edu).

Jogjanews. 2013. Konsumsi Ikan di D.I. Yogyakarta Masih dibawah Target Nasional. Diakses pada 9 Juli 2014, dari (http://www.jogjanews.com/konsumsi-ikan-di-diy-masih-di-bawah-target-nasional).

KKP. 2013. Data Tahunan Konsumsi Ikan Penduduk Indonesia Perkapita. Diakses tanggal 8 Juli 2014, dari (http://www.statistik.kkp.go.id).

KKP. 2014. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Direktoral Jenderal Perikanan Tangkap. Direktorat Sumber Daya ikan.

Kotler, P., K.L. Keller. 2012. Marketing Management. 14th. Pearson Education Limited.

Niclaus, S., C. Chabanet, V. Boggio, S. Issanchou. 2005. Food Choices at Lunch During the Third Year of Life : Increase in Energy Intake but Decrease in Variety. Acta Pædiatrica 94 (August) : 9-1023.

Oktari. R.N. 2008. Konsumsi Ikan Anak Usia Sekolah pada Keluarga Nelayan dan Non Nelayan Berdasarkan Keadaan Sosial Ekonomi. Program Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Olsen, S.O. 2001. Consumer Involvement in Seafood as Family Meals in Norway : an Application of The Expectancy Value Approach. Appetite 36 (February): 86-173.

Olsen, S.O. 2004. Antecedents of Seafood Consumption Behavior: an Overview. Journal of Aquatic Food Product Technology 13 (March): 79-91.

Peneau, S., E. Hoehn, H.R. Roth, F. Escher, J.A. Nuessli. 2006. Importance and Consumer perception of Freshness of Apples. Journal of Food Quality and Preference 17 (January): 9-19.

Peter, J.P., J.C. Olson. 2013. Consumer Behavior and Marketing Strategy. 9th edition. Mc Graw Hill Education.

Pieniak, Z., V. Wim, J. Scholderer, B. Karen, and O.O. Svein. 2008. Impact of Consumers’ Health Beliefs, Health Involvement, and Risk Perception on Fish Consumption : A Study in Five European Countries. British Food Journal 110 (September): 898-915.

Profil Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013. Diakses pada 7 Mei 2014, dari (http://www.depkes.go.id/downloads/Profil Kes.Prov.DIYogyakarta_2013.pdf).

Purawidjaja, 1995. Enam Prinsip Dasar Penyediaan Makan di Hotel, Restoran dan Jasaboga. Diakses pada 17 Juni 2014, dari (http://www.penyajianmakanan.com).

Qing, P., A. Lobo, L. Chongguang. 2012. The Impact of Lifestyle and Ethnocentrism on Consumers’ Purchase Intentions of Fresh Fruit in China. Journal of Consumer Marketing 29 (January): 43-51.

Sekaran, U. 2003. Research Method for Business: A Skill Building Approach. 4th edition. John Wiley & Sons, Inc, New York.

Sulistyo, J. 2011. 6 Hari Jago SPSS. Cetakan kedua. Kompas Gramedia Group, Jakarta.

Sumarwan, U., M. Simanjuntak, dan Yurita. 2012. Persepsi dan Preferensi Iklan Mempengaruhi Niat Beli Anak Pada Produk Makanan Ringan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen Vol. 5 (Agustus): 185-192.

Trondsen, T., J. Scholderer, E. Lund, A.E. Eggen. 2003. Perceived Barriers to Consumption of Fish Among Norwegian Women. Appetite 41 (March): 67-82.

Thorsdottir, F., K. Sveinsdottir., F.H. Jonsson., G. Einarsdottir., I. Thorsdottir., and E. Martinsdottir. 2012. A Model of Fish Consumption among Young Consumer. Journal of Consumer Marketing 29 (January): 4-12.

Verbeke, W., I. Sioen, Z. Pieniak, J.V. Camp, S.D. Henauw. 2005. Consumer Perception Versus Scientific Evidence About Health Benefits and Safety Risks from Fish Consumption. Journal of Public Health Nutrition 8 (April): 422-431.

Verbeke, W., I. Vackier. 2005. Individual Determinants of Fish Consumption: Application of the Theory of Planned Behavior. Appetite 44 (January): 67-82.

Waysima, U. Sumarwan, A. Khomsan, F.R. Zakaria. 2010. Sikap Afektif Ibu Terhadap Ikan Laut Nyata Meningkatkan Apresiasi Anak Mengkonsumsi Ikan Laut. Jurnal Gizi dan Pangan 5 (Maret): 197-204.

WHO. 2003. Diet, Nutrition, and The Prevention of Chronic Disease, Technical Report Series 916 of a Joint FAO/WHO Expert Consultation, WHO, Genewa.




DOI: 10.31002/rn.v1i1.556

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.