PENGARUH FAKTOR SUASANA TOKO PADA PEMBELIAN IMPULSIF DI INDOMARET POINT YOGYAKARTA

Arief Rachmandi

Abstract


Perubahan gaya hidup manusia sekarang yang berawal dari kebiasaan berbelanja di pasar tradisional menjadi memilih untuk berbelanja di toko swalayan atau supermarket modern yang jauh lebih nyama, bersih dan tertata rapi menjadi latar belakang kehadiran dan pertumbuhan pesat tentang bisnis pasar swalayan. Jumlah mahasiswa di Yogyakarta yang besar memberikan peluang kepada para peritel terutama Indomaret untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Berdasarkan data BPS (2013) jumlah mahasiswa di Yogyakarta mencapai 69.680 orang. Jumlah mahasiswa yang besar ini akan membuat permintaan kebutuhan sehari-hari seperti shampoo, minyak wangi, sikat gigi, sabun mandi, camilan, minuman dan juga produk-produk kebutuhan sehari-hari lain menjadi meningkat dan menjadi peluang untuk Indomaret sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari masyarakat. Namun, bukan hanya Indomaret yang melihat peluang ini, ritel lainnya pun bermunculan sebagai pesaing seperti Alfamart, Circle K, serta toko ritel lain dalam bentuk kepemilikan pribadi. Oleh karena itu Indomaret harus mampu berinovasi dalam menghadapi kompetitor mereka. Salah satu dari inovasi retail Indomaret adalah Indomaret Point. Dalam penelitian ini target populasi yang akan dicapai adalah seluruh pelanggan Indomaret Point di Yogakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dan metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria konsumen yang berada di dalam Indomaret Point Yogyakarta. Penelitian ini merekomendasikan kepada Indomaret Point Yogyakarta harus selalu memperhatikan suasana yang ada di dalam toko Indomaret Point Yogyakarta, karena suasana toko tersebut memberikan kenyamanan kepada konsumen Indomaret Point ketika berbelanja atau sekedar bersantai di dalam toko Indomaret Point Yogyakarta.

 


Keywords


Suasana Toko, Pembelian Impulsif, Indomaret Point

Full Text:

PDF

References


Babin, B. J and Darden, W. R. 1996. Good and bad shopping vibes: Spending and patronage satisfaction. Journal of Business Research,Vol. 35, No. 3, pp 201-206.

Beatty, S.E. and Ferrell, M.E. 1998. Impulse buying: modeling its precursors, Journal of Retailing, Vol. 74 No. 2, pp. 169-191.

BPS. 2013. Jumlah Mahasiswa dan Dosen pada Perguruan Tinggi Negeri di D.I.Yogyakarta. diakses pada 08 Oktober 2014, dari http://yogyakarta.bps.go.id.

Cabanac, M. 1971. Physiological Role of Pleasure. Journal of Science, Vol. 173 No. 4002, pp. 1103-1107.

Cooper, D. R. and Schindler, P. S. 2014. Business Research Method 12th Edition. New York: McGraw-Hill.

d’Astous,A. 2000.Irritating aspects of the shopping environment. Journal of Business Research. Vo. 49, No. 2, pp 149-156.

Donovan, R. J; Rossiter, J. R; Marcoolyn, G. and Nesdale, A. 1994. Store Atmosphere and Purchasing Behavior. Journal of Retailing, Vol. 70, No. 3, pp. 283-294.

Dunne, P and Lusch, R. 2008. Retailing 6th Edition. Mason: Thomson Higher Education.

Flora, N. T. M. 2010. The Influence of Store Environmental Factors on Impulsive Buying Behavior a Case of the Cosmetics Speciality Stores. The Hong Kong Polytechnic University.

Fredrickson, B. L and Cohn, M. A. 2008. Positive Emotions. Handbook of Emotions 3rd Edition. New York: Guilford Press.

Graa, A; Dani-elkebir, M; and Bensaid, M. 2014. The Impact of Environmental Factors on Impulsive Buying Behavior Using the Mehrabian and Russell’s Framework. Journal of Sciences. Algeria:Leonardo. Vol. 13 No. 24, pp. 101-114.

Heise, D. R. 2006. The Semantic Differential and Attitude Research. Diakses pada 10 Januari 2015, dari

http://www.indiana.edu/~socpsy/papers/AttMeasure/attitude..htm

Jiang, P., and Liu, X. 2014. The Influence of Store Atmosphere on Shoppers’s impulse Purchasing Behavior. Lund: Lund Univeristy.

Kotler, P. 1974. Atmospherics as a marketing tool. Journal of Retailing.Vol. 49 No. 4, pp. 48.

Kotler, Philip. 2012. Marketing Management. 14th edition. Prentice Hall, New Jersey.

Lee, G. Y and Yi, Y. 2008. The Effect of Shopping Emotions and Perceived Risk on Impulsive Buying: The Moderating Role of Buying Impulsiveness Trait.Seoul Journal of Business.Vol.14 No.2, pp 67-92.

Mattila, A. S and Wirtz, J. 2008. The Role of Store Environment Stimulation and Social Factors on Impulse Purchasing.Journal of Services Marketing. Vol.22 No.7, pp. 562-567.

Meldarianda, R dan Lisan, H.S. 2010. Pengaruh Store Atmoshpere terhadap Minat Beli Konsumen pada Resort Cafe Atmosphere di Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 17 No. 2, pp 97-108.

Mohan, G; Sivakumaran, B and Sharma, P. 2013. Impact of Store Environment on Impulse Buying Behavior. European Journal Marketing. Vol. 47 No. 10, pp. 1711-1732.

Pallant, J. 2007. SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using SPSS for windows 3rd Edition.. Maidenhead: Open University Press.

Rahmawan, W. R; Kumadji, S; dan Kusumawati, A. 2013. Pengaruh Faktor Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol. 6 No. 2, pp. 1-10.

Rook, D. W and Fisher, R. J. 1995. Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. The Journal of Consumer Research. Vol. 22 No.3, pp. 305-313.

Rook, D. W., dan Garner, M. P. 1993. In the Mood: Impulse Buying’s Affective Antecedents. Journal of Research in Consumer Behavior.Vol.6 No. 7, pp 1-28.

Rook, D. W. 1987.The Buying Impulse.The Journal of Consumer Research.Vol. 14 No. 2, pp 189-199.

Samosir, F.D.N. 2009. Analisis Pengaruh Antara Layout (Tata Letak) Terhadap Pembelian Impulsif Pada Output Indomaret Jamin Ginting Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sekaran, U. 2003. Research methods for business :A skill-building approach 4th Edition. New York: Wiley.

Sherman, E., Mathur, A., dan Smith, R. B. 1997. Store environment and consumer purchase behavior: mediating role of consumer emotions. Journal of Psychology and Marketing.Vol. 14 No. 4, pp. 361-378.

Siregar, S. 2010. Statistik deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Solomon, M. R., Bamossy, G., Askegaard, S., dan Hogg, M. K. 2006. Consumer Behavior: a European Perspective 3rd Edition. London: Pearson.

Spies, K., Hesse, F., dan Loesch, K. 1997. Store Atmosphere, Mood and Purchasing Behavior. International Journal of Research in Marketing.Vol. 14 No. 1, pp. 1-17.

Stern, H. 1962. The Significance of Impulse Buying Today. Journal of Marketing, Vol. 26, No. 2, pp. 59-62.

Suhartanto, D., dan Nuralia, A. 2001. Citra Supermarket: Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Kajian Bisnis. No.23. pp. 27 –36.

Summers, T. A., and Hebert, P. R. 2001. Shedding Some Light on Store Atmospherics Influence of Illumination on Consumer Behavior. Journal of Business Research, Vol. 54 No.2, pp. 145-150.

Terlutter, Ralf. 2001. Using Lifestyle in Environmental Psychology, in European Advances. Provo: UT.

Turley, L. W and Milliman, R. E. 2000. Atmospheric Effects on Shopping Behavior: A Review of The Experimental Evidence. Journal of Business Research. Vol. 49 No. 2, pp. 193-211.

Virvilaite, R., Saladiene, V., dan Vinklyte, J. Z. 2011. The Impact of External and Internal Stimuli on Impulsive Purchasing. Economics and Management Journal.Vol. 62 No. 2, pp. 101-109.

Watson, D., dan Tellegen, A. 1985. Toward a consensual structure of mood. Journal of Psychological Bulletin. Vol. 98 No. 2, pp. 219-235.

Weinberg, P., dan Gottwald, W. 1982. Impulsive consumer buying as a result ofemotions. Journal of Business Research. Vol. 10 No.1, pp. 43-57.

William, B., Onsman, A., dan Brown, T.2010. Exploratory Factor Analysis: a Five-Step Guide for Novices. Journal of Emergency Primary Health Care.Vol.8 No. 3, pp.1-13.

Xu, Y. 2007. Impact of Store Environment on Adult Generation Y Consumer’s Impulse Buying. Journal of Shopping Center Research.Vol. 14 No. 1, pp. 39-56.

Youn, S., and Ronald J. F. 2000. Impulse Buying: Its Relation to Personality Traits and Cues. Journal of Advances in Consumer Research, Vol. 27 No.1, pp. 179-185.

Zentes, J., Morschett, D., dan Schramm-Klein, H. 2007. Strategic Retail Management: Text and International Cases 1st Edition. Wiesbaden: Gabler.




DOI: 10.31002/rn.v1i1.557

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.