ANALISIS SEGMEN REMAJA BERDASARKAN PERILAKU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Febrian Nur Adhitomo

Abstract


Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah menganalisis segmen remaja berdasarkan keperilakuannya dalam menggunakan media sosial khususnya remaja di wilayah Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Proses segmentasi untuk mempermudah pemasar dalam mengidentifikasi karakteristik serta aktivitas remaja di media sosial, sehingga pemasar dapat lebih efektif dalam menargetkan segmen remaja.

Penelitian ini bersifat eksplorasi dengan metode analisis faktor konfirmatori dan menggunakan analisis klastering untuk mengelompokkan 250 responden remaja pengguna media sosial berdasarkan variabel keperilakuan  remaja pengguna media sosial. Metode penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling.

Pendekatan analisis klastering yang digunakan adalah metode K-Means Cluster yang menghasilkan empat klaster optimal. Keempat klaster tersebut adalah klaster positive reaction to online ads dimana remaja senang terhadap iklan yang muncul di media sosial, terutama iklan yang relevan terkait akan dirinya. Klaster ordinary dimana aktivitas remaja tersebar merata dalam menggunakan media sosial, sedangkan klaster gamers adalah remaja yang menginginkan media sosial yang mereka gunakan lebih baik mencantumkan beberapa permainan online dan terakhir adalah klaster watchers dan listeners dimana remaja dengan sedikit aktivitas di media sosial tersebut lebih tertarik pada kegiatan seperti mendengarkan dan mengunduh musik ataupun video. Keempat klaster remaja tersebut mayoritas memiliki 2 media sosial,  sudah  menggunakan media sosial lebih dari 3 tahun dan lama penggunaan untuk satu kali sesi online di media sosial lebih dari 30 menit. Aktivitas yang sering dilakukan oleh remaja pengguna media sosial tersebut adalah mengunduh musik secara online.


Keywords


Segmentasi, Keperilakuan, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Cooper, D.R. and P.S. Schindler. (2011). Business Research Methods. 11th edition, New York: McGraw-Hill. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., William, C.B., Barry, J.B., and Rolp E,A. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th edition, Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Internetworldstats. (2012). World Internet Usage and Population Statistics june 30 2012, diakses pada 9 November 2013, dari http://www.internetworldstats.com/stats.htm

Kotler, P. and Keller K. L. (2012). Marketing Management, 14th edition, Upper Saddle River: Pearson Education Limited.

MarkPlus Insight. (2013). Lima Spesies Netizen Indonesia. Marketers Magazine. November 2013 ed, Jakarta.

Vinerean, S., Cetina, I., Dumitrescu, L., and Tichindelean, M. (2013). The Effect of Social Media Marketing on Online Consumer Behavior. International Journal of Business and Management, Vol. 8, No. 14, 66-79.




DOI: 10.31002/rn.v1i1.559

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.