EFEKTIFITAS ONLINE CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI BLOG DI INDUSTRI KOSMETIK INDONESIA

Hermawan Hermawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah online customer engagement melalui blog di industri kosmetik Indonesia efektif atau tidak. Indikator untuk melihat bahwa online customer engagement efektif atau tidak adalah dengan melihat pengaruhnya terhadap brand awareness dan purchase intention sebagai hasil dari engagement tersebut. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan kosmetik Indonesia yang membaca blog sebagai salah satu referensi sebelum melakukan pembelian kosmetik. Alasan menggunakan populasi adalah untuk mengukur seberapa jauh para pelanggan yang merujuk pada blog dan untuk menentukan sejauh mana hal tersebut akan mempengaruhi variabel brand awareness dan purchase intention.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa online customer engagement melalui blog adalah efektif. Secara umum, hasil menunjukkan bahwa responden memiliki brand awareness dan purchase intention pada merek tertentu setelah merujuk pada blog. Namun, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhitungkan untuk membuat online customer engagement menjadi lebih efektif. Pelanggan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut; perempuan, karyawan atau mahasiswa, memiliki latar belakang pendidikan Sarjana, penghasilan Rp 1.000.000 - 5.000.000 perbulan, jarang dan kadang-kadang melakukan pembelian kosmetik via online dan melakukan perawatan kecantikan lebih merujuk ke blog. Sebagai kesimpulan, para pelanggan dengan karakteristik tersebut memiliki potensial lebih sebagai target pasar untuk mengaplikasikan online customer engagement.

Keywords


online customer engagement, brand awareness, purchase intention

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996a) Measuring Brand Equity Across Products and Markets. California Management Review, 38 (3), pp. 102-120.

Aaker, D. A. (1996b) Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Ajzen, I. (1991) The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), pp. 179-211.

Corporate Image Award (2015) Corporate Image Award Available: http://imacaward.com/2014-survey-results/ [Accessed on 21st June 2015].

Hollebeek, L. D. (2011) Demystifying Customer Brand Engagament: Exploring the Loyalty Nexus. Journal of Marketing Management, 27 (7-8), pp. 785-807.

Indonesia Internet Service Provider Association (2015) Indonesia Internet Service Provider Association Available: http://www.apjii.or.id/v2/read/content/info-terkini/301/pengguna-internet-indonesia-tahun-2014-sebanyak-88.html [Accessed on 21st June 2015].

Jakste, L. Z. and Kuvykaite, R. (2012) Consumer Engagement in Social Media by Building the Brand. Electronic International Interdisciplinary Conference 2012. (194-202). Slovakia: EDIS – Publishing Institution of The University of Zilina

Karakaya, C., Badur, B. and Aytekin, C. (2011). Analyzing the Effectiveness of Marketing Strategies in the Presence of Word of Mouth: Agent-Based Modelling Approach. Journal of Marketing Research and Case Studies. DOI: 10.5171/2011.421059 [Accessed on 21st June 2015].

Michael, R. S. (2001). Crosstabulation & chi square. Indiana University, Bloomington, Available: http://www. indiana. edu/~ educy520/sec5982/we ek_12/chi_sq_summary011020. pdf [Accessed on 17th August 2015].

Qamar, N. (2013) Impact of Cause Related Marketing on Consumer Purchase Intention: Mediating Role of Corporate Image, Consumers’ Attitude and Brand Attractiveness. Middle-East Journal of Scientific Research, 16(5), pp. 633-643.

Shojaee, S. and Azman, A. B. (2013) An evaluation of Factors Affecting Brand Awareness in the Context of Social Media in Malaysia. Asian Social Science. 9 (17), pp. 72-78.




DOI: 10.31002/rn.v1i1.561

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.