MEMBANGUN BUDAYA WIRAUSAHA MELALUI PERAN IBU UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH EKONOMI KELUARGA (Studi kasus pada Siswa SMK Negeri 5, Jln Dr Cipto Nomor 121 Semarang)

Shintya Novita Rahmawati

Abstract


Permasalahan dan tujuan yang ingin dikaji untuk mengidentifikasi budaya berwirausaha yang didukung peran ibu, baik itu ibu rumah tangga maupun ibu yang bekerja (wanita karir). Selain itu mendiskripsikan faktor pendorong dan faktor penghambat dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak didalam keluarga beserta cara memanfaatkan dan menanggulangi bentuk kegagalan untuk memberikan nilai tambah pada pendapatan ekonomi keluarga. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 yang berlokasi di Jalan Dr Cipto Nomor 121 Semarang. Populasi penelitian adalah Siswa/Siswi Kelas IX. Sampel penelitian adalah 10 siswa, dengan pembagian 5 siswa yang mempunyai Ibu berkarir (ibu yang bekerja), 5 siswa Ibu yang tidak bekerja. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan secara kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan melakukan ceklist kepada responden. Dalam penelitian ini dimulai dengan menganalisis persepsi responden dengan melakukan deep interview. Hasil penelitian menunjukkan peran ibu dalam menumbuhkan mental untuk berwirausaha pada anak didalam keluarga meliputi sugesti ibu, kemandirian, keberanian, kreativitas, tanggung jawab, kejujuran, dan kesabaran. Cara yang dilakukan untuk membangun budaya wirausaha dengan smooth motion melalui nasihat, memberikan contoh dan perintah. Untuk faktor pendorong dan penghambat bisa berasal dari internal maupun eksternal keluarga itu sendiri. Faktor pendorong dioptimalkan keberadaannya sedangkan untuk faktor penghambat ditanggulangi dengan baik agar upaya membangun budaya untuk menumbuhkan kewirausahaan didalam keluarga bisa berjalan dengan baik melalui mekanisme dukungan keluarga dan pihak pendukung lainnya.


Keywords


Budaya Wirausaha, Ibu, Anak, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari. (2010). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta

Argene, Robert. (2003). Strategi Menjadi Wiraswasta Handal. Jakarta: Restu Agung.

Furqon Hidayatullah. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Lexy J Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pandji Anoraga dan Djoko Sudantoko. (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Porter, Michael E. (1990). Competitive Advantage. New York: Free Press.

Soerjono Soekanto. (1986). Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali Baru.

Schumpter, Joseph A. (1971). Capitalism, Sociolism and Democracy. London: George Allen & Unwin Ltd.




DOI: 10.31002/rn.v1i1.563

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.