Determinasi Kinerja Tenaga Penjual Studi Kasus Pada SPBU Majapahit Sendangguwo - Sendangguwo 44.501.15

Andhatu Achsa

Abstract


SPBU Majapahit Sendangguwo 44.501.15 merupakan salah satu usaha dagang yang berorientasi kepada pelanggan,walaupun terjadi penurunan jumlah penjualan di SPBU Majapahit Sendangguwo sejak tahun 2005 hingga pertengahan tahun 2008. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan SPBU Majapahit Sendangguwo yang berjumlah 32 orang. Data diperoleh melalui data primer dengan cara membagikan kuesioner untuk ditanggapi dan dengan data sekunder melalui beberapa data yang diperoleh dari SPBU Majapahit Sendang-guwo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan serta kepuasan kerja terhadap kinerja penjualan pada SPBU Majapahit Sendangguwo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian regresi berganda menunjukan bahwa (a) orientasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan, (b) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan.

 

.


Full Text:

PDF

References


Bagozzi, P. Richard, 1980, Performance and

Satisfaction In An Industrial Sales

Force: An Examination of Their

Antecendent and Simultaneity,

Journal of Marketing, Vol. 44, Spring.

Boles et. al, 2001, An Examination of The Relationships Between Retail Work Environments, Salesperson SellingOrientation, Customer Orientation

and Job Performance, Journal of

Marketing Theory and Practice,

Summer.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis

Multivariete dengan Program SPSS,

Semarang, BP-UNDIP.

Howe et. al, 1994, The Relationship Between Ethical and Customer Oriented Service Provider Behaviors, Journal of Business Ethics, 13.

Martono, 2004, Studi Mengenai Perilaku

Manajer Penjualan dan Performa

Penjualan, Jurnal Sains Pemasaran

Indonesia, Vol. 3 No. 1, Mei

Nugroho Agung, Bhuono, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta, Andi Offset.

Raharjo Agung, 2004, Analisis Sikap Konsumen

Terhadap Produk Air Minum Aqua

Di Wilayah Semarang Tengah,

Skripsi

Sekaran, Uma, 2006, Research Methods For

Business, Salemba Empat, Jakarta

Supranto, 2000, Statistik dan Teori Aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Sutopo dan Sutono, 2004, Pengaruh Perilaku Etis dan Orientasi Pelanggan terhadap Kinerja Tenaga Penjual: Sebuah Studi Pada Industri Asuransi Asuransi Jiwa di Semarang, Jurnal Bisnis Strategi, Vol.13, Desember

Yosevina, Ch. Ratna Tercia, 2004, Analisis Sikap Kewirausahaan dan Orientasi

Pelanggan Serta Implikasinya

Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan:

Studi Empiris Pada Tenaga

Penjualan Motor Pada Dealer PT.

ASTRA HONDA Di Kota

Semarang, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 3 No. 3, Desember.




DOI: 10.31002/rn.v1i2.711

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal REKOMEN (RISET EKONOMI MANAJEMEN)

P-ISSN: 2580-8893 E-ISSN: 2614-2953

diterbitkan oleh Jurusan MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Universitas Tidar