Peran Corporate Social Responsibility Furama villa & Spa Ubud bagi masyarakat Desa Mekar Bhuana, Ubud

Eka Sudarmawan

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program yang wajib dilakukan oleh perusahaan terhadap lingkungan dan membangun hubungan yang harmonis guna mempertahankan citra baik dan sebagai salah satu strategi oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Corporate Social Responsibility (CSR) Furama Villa & Spa Ubud dimata masyarakat Desa Mekar Bhuana Ubud. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu yang disajikan dalam bentuk verbal. Data yang termasuk kualitatif dalam penelitian ini adalah data hasil wawancara yang dilakukan kepada masyarakat, management Furama Villa & Spa serta dokumentasi terkait dilaksanakannya program CSR ini.

Berdasarkan hasil dari wawancara yang dilakukan terhadap masyarakat dan observasi yang dilakukan di Br. Bindu, Desa Mekar Bhuana  serta bukti dokumentasi yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa Program CSR yang dilakukan oleh Furama Villa and Spa Ubud sesuai dengan tujuan dari program CSR Rudito dan Famiola (2013) dimana program CSR berperan dalam (1) Mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kondisi sosial, ekonomi serta budaya desa. Hal in dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan yaitu berupa : pemberian dana dan support pada setiap ulang tahun STT Darma Yowan, pemberian Sembako bagi Lansia, Pemberian sumbangan kepada penyandang cacat, dan  pemberian beasiswa pagi siswa di Desa Mekar Bhuana, Ubud (2) mengangkat 30 persen tenaga kerja lokal sehingga membawa dampak baik yang dapat mengurangi pengangguran di desatersebut. (3) dari kgiatan-kegiatan tersebut diatas. Hal ini juga sejalan dengan hasil wawancara kepada masyarakat desa tersebut yang merasakan betapa besar manfaat program-program yang telah diberikan oleh Faruma Villa Ubud ini.


Keywords


Corporate Social Responsibility

Full Text:

PDF

References


Bambang Rudito dan Melia Famiola. 2013. Corporate Social Responsibility. Edisi: Rosdakarya

Budimanta, A, Prasetijo, A., Rudito, B. 2004. Corporate Social Responsibility, Jawaban bagi Model Pembangunan Indonesia Masa Kini. Jakarta: ICSD.

Drs.Wardiyanta, M.Hum, (2006), Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta: CV Andi Offset

Permata Puteri, Febriana 2012. Implementasi Corporate Sosial Responsibility dalam Mempertahankan Citra. Skripsi Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Hardjana, A. A. (2008). Komunikasi Dalam Manajemen Reputasi Korporasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5, No. 1, Juni , 1-24

Kotler and Nancy, 2005. Corporate Social Responsibility Doing the Most Good for Your Company and Your Cause, Canada: John Willy and Sons. Inc

Laksana Wijaya. 2012. Implementasi CSR dalam Membentuk Reputasi Perusahaan. Tesis Pasca Sarjana Jurusan Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Jakarta

Laksana, W. (2012). Implementasi Corporate Social Responsibility Dalam Membentuk Reputasi Perusahaan (Studi Kasus Program Peduli Pendidikan di PT Pupuk Kalimantan Timur). Jakarta: FISIP Universitas Indonesia.

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporite Social Responsibility) (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta

Rahanatha dan Yusdantara, 2015. Pengaruh Corporate Sosial Responsibility Terhadap Reputasi Perusahan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelaanggan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 4, 2015: 813-831.

Rahman, Reza. 2009. Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Jakarta: Buku Kita

Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto. 2007. Dasar – Dasar Public relationss. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiarto M, Tony Hendratono dan Djoko Sudibyo. 2015. Metodologi Penelitian Hospitaliti dan Pariwisata, Tangerang: Matana Publishing

Suharto, Edi. 2009. Pekerjaan Sosial di Dunia Industri, Memperkuat CSR, Bandung: CV. Alfabeta

Sulastiyono, Agus.2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Seri manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. CV Alfabeta




DOI: 10.31002/rn.v2i1.819

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal REKOMEN (RISET EKONOMI MANAJEMEN)

P-ISSN: 2580-8893 E-ISSN: 2614-2953

diterbitkan oleh Jurusan MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Universitas Tidar