ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN, PERSONAL SELLING DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENJUALAN CV. BALI PANUGRAHAN (STUDI KASUS PADA TOKO WBF KUTA )

Ida Ayu Trisna Wijayanthi, Afif Suherman Haris

Abstract


Penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Biaya Periklanan, Personal Selling dan Promosi Penjualan Terhadap Penjualan pada perusahaan CV. Bali Panugrahan, dan studi kasus dilakukan di salah satu toko cabang yaitu toko WBF Kuta ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel-variabel promosi yang dilaksanakan perusahaan berpengaruh terhadap penjualan baik secara simultan maupun secara parsial, serta untuk mengetahui variabel manakah yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap penjualan, dengan periode waktu analisis tahun 2012 sampai dengan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan data penjualan sebagai variabel dependent dan biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan sebagai variabel independent.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan berpengaruh secara simultan terhadap penjualan toko WBF Kuta, besarnya pengaruh biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan dapat diketahui dari nilai R square yaitu sebesar 0.834, hal ini berarti bahwa 83,4% penjualan dipengaruhi oleh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, sedangkan 16,6% di pengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh secara simultan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel biaya periklanan (X1) , personal selling (X2) dan promosi penjualan (X3)  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penjualan di toko WBF Kuta. Secara parsial besarnya pengaruh variabel biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan dapat dibuktikan dari hasil uji-t, yaitu variabel periklanan 0.032 dengan tingkat significant 0.978, variabel personal selling 1.720 dengan tingkat significant 0.228, variabel promosi penjualan -1.426 dengan tingkat significant 0.290 dan hasil t hitung masing-masing variabel independent lebih kecil dari ttabel yaitu 4.302 pada level of significant 2.5%. Hasil ini menunjukkan bahwa masing-masing varibael independent secara parsial berpengaruh tidak significant terhadap variabel dependent.

Keywords


Biaya Periklanan, Personal Selling Dan Promosi Penjualan , Penjualan

Full Text:

PDF


DOI: 10.31002/rn.v2i1.832

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal REKOMEN (RISET EKONOMI MANAJEMEN)

P-ISSN: 2580-8893 E-ISSN: 2614-2953

diterbitkan oleh Jurusan MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Universitas Tidar