TEACHING WRITING THROUGH COOPERATIVE LEARNING

Rini Estiyowati Ikaningrum

Abstract


Dosen memerlukan cara yang tepat dalam pengajaran writing khususnya di tingkat universitas karena mahasiswa harus menulis laporan penelitian di akhir masa studinya. Selain itu kemampuan mahasiswa dalam menulis jenis-jenis teks juga masih kurang memadai. Hal tersebut akan mendorong dosen untuk selalu melakukan inovasi dengan menggunakan teknik pengajaran yang menarik. Cooperative learning adalah suatu bentuk kegiatan pembelajaran yang aktif dimana mahasiswa harus bekerja sama untuk menampilkan tugas tertentu dalam kelompok kecil. Dengan penggunaan teknik ini mahasiswa akan mendapatkan ide untuk menulis dengan lebih mudah serta menikmati proses belajar-mengajar yang menarik dan menyenangkan. Sebagai hasil akhir, kemampuan mahasiswa dalam menulis teks menjadi lebih baik.

Key words: writing, text, cooperative learning


Full Text:

PDF


DOI: 10.31002/transformatika.v11i1.111

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 



Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 

ISSN: 2549-5941 (print) | 2549-6271 (online)
Organized by Department of Indonesian Language and Literature Education, Universitas Tidarin collaboration with Indonesian Language and Literature Lecture Association (ADOBSI), and Association of Indonesian Language and Literature Study Program (IKAPROBSI).
Published by Universitas Tidar 
Website: http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika 
Email: transformatika@untidar.ac.id, asmara@untidar.ac.id (paper handling issues and publication issues)

 
Web
Analytics Made Easy - StatCounter View Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Stats

Lisensi Creative Commons
Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.