The Use of Vocabulary-Games in Improving Children’s Vocabulary in English Language Learning

Arum Nisma Wulanjani

Abstract


Kosa kata memainkan peranan penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pembelajaran kosa kata dalam Bahasa Inggris merupakan hal yang tidak mudah terutama bagi para siswa sebagai pembelajar pemula. Selain itu, mereka memiliki karakteristik khusus yang sangat berbeda dari orang dewasa. Dengan menitikberatkan pada perbedaan karakteristik tersebut, dapat disimpulkan bahwa para guru yang mengajar pembelajar pemula memiliki tugas yang menantang untuk dapat memotivasi mereka dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, para guru harus lebih kreatif dan menjauhkan siswa mereka dari rasa bosan saat pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris. Mereka harus menyiapkan materi yang akan diberikan kepada para siswa dan juga memilih teknik yang sesuai untuk digunakan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, mereka dapat membuat siswa memiliki ketertarikan yang besar dalam proses pembelajaran. Mereka harus mampu memilih dan menggunakan teknik-teknik pengajaran yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, menarik, dan menggembirakan bagi para siswa.  Salah satu teknik tersebut adalah menggunakan permainan di dalam kelas. Menggunakan permainan dapat memberikan banyak keuntungan bagi para guru dan siswa. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris sangatlah efektif, karena menggunakan permainan sangat menyenangkan dan cocok dengan karakteristik anak-anak sebagai pembelajar pemula.   

 

Key words: Vocabulary, Young Learner, Games


Full Text:

Pdf


DOI: 10.31002/transformatika.v12i1.201

Article Metrics

Abstract view : 968 times
Pdf - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 



Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 

ISSN: 2549-5941 (print) | 2549-6271 (online)
Organized by Department of Indonesian Language and Literature Education, Universitas Tidarin collaboration with Indonesian Language and Literature Lecture Association (ADOBSI), and Association of Indonesian Language and Literature Study Program (IKAPROBSI).
Published by Universitas Tidar 
Website: http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika 
Email: transformatika@untidar.ac.id, asmara@untidar.ac.id (paper handling issues and publication issues)

 
Web
Analytics Made Easy - StatCounter View Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Stats

Lisensi Creative Commons
Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.