Title:


IMPLEMENTASI SAK-ETAP PADA UMKM WARKOP DI KOTA MAKASSAR


Author:


Mail Muhammad Reza Ramdani(1*)
Mail Masruhi Kamidin(2)
Mail As’ad Ajmal(3)

(1) Universitas Muslim Indonesia, 
(2) Universitas Muslim Indonesia, 
(3) Universitas Muslim Indonesia, 
(*) Corresponding Author
10.31002/rak.v3i2.1069| Abstract views : 1111 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini mengungkap fenomena pencatatan laporan keuangan berbasis SAK ETAP terhadap UMKM Warkop di makassar. Penedekatan Artikel ini menggunakan Pendekatan  kualitatif. Dengan sampel penelitian terdiri dari beberapa warkop yang ada di kota makasar.metode analisis yang digunakan deksriptif menggambarkan secara jelas keadaan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang dilakukan Pengelola UMKM Warkop  hanya sebatas laporan bisnis yang dibuat sesuai dengan pemahaman dan kebutuhan masing-masing Pengelola UMKM Warkop.

Full Text:

PDF

References


AAA Financial Accounting Standard Committee (2000), “Commentary: SEC Auditor Independece Requirements”, Accounting Horizons Vol. 15 No. 4 December 2001, hal 373-386.

Andriani, et al. 2014. Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Sebuah Studi Intrepetatif pada Peggy Salon).

Anna, Yane Devi. 2011. Analisis Penerapan Akuntansi dan Laporan Keuangan pada Usaha Kecil dan Menengah- Sentra Industri Kaos di Jawa Barat. Seminar Nasional “Perkuatan UMKM sebagai Leading Sector Perekonomia Indonesia”. Institut Manajemen Telkom (IMT). Bandung

Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan) .volume 3 Nomor 2 18

Am Amanah, Sari. (2012). Analisis Penerapan Pencatatan Akuntansi Pada UKM Binaan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Lima Puluh Kota. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Arif dan Wibowo. 2004. Akuntansi Untuk Bisnis Usaha Kecil dan Menengah. Grasindo, Jakarta

Arri Alfitri, Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perajin Mebel Desa Gondangsari Kecamatan Juwiring Kabuaten Klaten. Juni, 2014. Asmarani, Dinda Estika. “Analisis Pengaruh Perencanaan Strategi Terhadap Kinerja Perusahaan Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing (Studi Empirik pada Industri Kecil Menengah Tenun Ikat di Troso Jepara)” (Tesis, Universitas Diponogoro Semarang 2006).

Ashur, M., 2016. Pengaruh Dukungan Sosial, Persepsi Risiko Dan Interaksi Sosialterhadap Kepercayaan Dan Niat Pembelian Konsumen Pada Media Scommerce (Studi Pada Konsumen Scommerce Di Indonesia). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Al. Haryono Jusup. 2001. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 2. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu YKPN. Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar. Dinarti (2015) Studi Penerapan pencatatan keuangan bagi usaha kecil menengah (ukm) pada usaha warnet di Kota Tengah Effendi Rizal. 2013. Accounting Principles “Prinsip-prinsip Akuntansi Berbasis SAK ETAP”. Edisi Revisi Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Harahap, Sofyan Syafri 2006 .Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-5. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Mangginson William,et al. (2000). Small Business Management: An Enterpreneurs Guide Book,(3rd ed), United State Of America: McGraw.Hill. Suhairi. 2004. Personality, Accounting Knowledge, Accounting Information Usage and Performance A Research On Entrepreneurship Of Indonesia Medium Industries, Disertasi. USM, Malaysia. Suharli dan Rachpriliani. 2006, Studi Empiris Faktor-Faktor Yang Berpegaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol 8 No. 1, April 2006

Implementasi SAK... (Ramdani,kamidin,Ajmal) 19

Skousen, C. J. and Twedt, Brady James. (2009). Fraud in emerging Markets:A Cross Country Analysis

Vina, Mukti Azaria.(2013). Penerapan akuntansi pada UKM unggulandi Kabupaten Kota Blitar dan Kesesuaiannya dengan SAK ETAP”. Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.31002/rak.v3i2.1069

Article Metrics

Abstract view : 1111 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan)

P-ISSN: 2541-1209 E-ISSN: 2580-0213

published by : Accounting Department Faculty of Economics, Universitas Tidar