Title:


FAKTOR-FAKTOR PENENTU PENGUATAN EKONOMI TERHADAP KEUNGGULAN DAYA SAING PRODUK BATIK DI KELURAHAN KRAMAT SELATAN DENGAN PENDEKATAN ONE VILLAGE ONE PRODUCT


Author:


Mail Chaidir Iswanaji(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/rak.v1i1.64| Abstract views : 212 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara produk lokal standar global dengan produk kualitas khusus, hubungan antara otonomi dan kreativitas dengan kualitas produk khusus dan hubungan antara sumber daya manusia dengan kualitas produk khusus. Selain itu, itu adalah untuk mengetahui pengaruh produk global standar lokal, otonomi, dan kreativitas, sumber daya manusia dan juga pengaruh kualitas produk khusus terhadap kemampuan kompetitif dari produk batik di Kramat Kabupaten Selatan. Penelitian ini telah dilakukan sejak Februari upto Juli 2013. Ini milik survei penelitian dengan total populasi dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data inti. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program yang Amos. The Structural Equation Model dengan statistik digunakan untuk menguji variabel baik faktor atau variabel yang dapat diamati. Penelitian ini mengambil 100 perajin batik sebagai sampel dari masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sumber daya manusia dengan kualitas produk khusus. Hal ini ditunjukkan oleh nilai p antara sumber daya manusia dan kualitas produk khusus seperti 0033 kurang dari 0,05. Tidak ada hubungan antara produk lokal, otonomi, dan kreativitas dengan produk kualitas khusus karena nilai p lebih tinggi dari 0,05 adalah 0.387 dan 0.065. Kemampuan kompetitif dari produk batik tidak influented oleh produk lokal, otonomi, kreativitas dan sumber daya manusia. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih tinggi dari 0,05, nilai probabilitas produk lokal 0868 otonomi dan kreativitas 0.838 dan sumber daya manusia 0848. Selain itu, kualitas produk khusus tidak mempengaruhi kemampuan kompetitif dari produk karena nilai probabilitas adalah 0.871. Produk batik dari Magelang tidak tepat dianalisis dengan OVOP karena membuktikan bahwa produk batik dari Magelang bukan milik produk kualitas khusus dari Kota Magelang. Pendekatan OVOP yang tepat digunakan untuk menganalisis kualitas produk khusus kabupaten.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rak.v1i1.64

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan)

P-ISSN: 2541-1209 E-ISSN: 2580-0213

published by : Accounting Department Faculty of Economics, Universitas Tidar