Title:


PENGARUH PAD DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI JAWA TENGAH


Author:


Mail Nuwun Priyono(1)
Mail Ari Nurul Fatimah(2*)
Mail Yulida Army Nurcahya(3)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) , Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rep.v5i2.2202| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh PAD dan dana perimbangan terhadap kinerja keuangan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan seberapa besar pengaruh PAD, DBH, DAU dan DAK terhadap kinerja keuangan daerah dan tingkat kesejahteraan masyarakat di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah baik secara parsial maupun secara simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang diambil sebanyak 31 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian menggunakan model regresi linear berganda. Dalam penelitian ini variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Hasil penelitian menunjukan bahwa DAU, dan DAK secara parsial berpengaruh pada kinerja keuangan daerah, sedangkan secara simultan PAD, DBH, DAU, dan DAK berpengaruh terhadap kinerja keuangan daerah. Hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa secara parsial hanya ada dua variabel PAD dan DAU yang berpengaruh pada tingkat kesejahteraan masyarakat. Selain itu secara simultan variabel PAD, DBH, DAU dan DAK berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.


Keywords


PAD, DAU, DAK, kinerja keuangan

Full Text:

PDF

References


Adiputra, I Made Pradana, et.al. 2015. Pengaruh PAD, Dana Perimbangan dan SiLPA Terhadap Kualitas Pembangunan Manusia Dengan Alokasi Belanja Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Bali). SNA 18. USU. Medan. 16-19 September 2015

BPS. (2012). Statistik Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit UNDIP, Edisi IV, Semarang.

Halim, Abdul, 2007, Akuntansi Keuangan Daerah, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Halim, A. (2013). Akuntasi sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Handayani, Kristina. 2009. Pengaruh Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Daerah Bidang Pendidikan pada Kabupaten/Kota di Sulawesi. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Harahap, Riva Ubar. 2011. Pengaruh Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi hasil Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Pada Kabupaten/kota Propinsi Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntnasi dan Bisnis. Vol. 11 No.1/Maret 2011. Universitas Muhamdiyah Sumatera Utara

Julitawati, dkk . 2012. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syahkuala. Volume 1, No. 1, Agustus 2012

Kuncoro, Mudrajad, 2003, Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan, Edisi Ketiga, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Kuncoro, Haryo. 2004. Pengaruh Transfer Antar Pemerintah Pada Kinerja Fiskal Pemerintah Daerah Kota Dan Kabupaten Di Indonesia. Disertasi. Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Mahmudi. 2002. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahmudi. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Cetakan Pertama. UII Press. Yogyakarta.

Mardiasmo. 2002(a). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Mardiasmo.2002(b). Otonomi Daerah dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta. Penerbit Andi

Marhaeni, Harmawanti; Sri Yati dan Bambang Tribudhi M. 2008. Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2006-2007. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Nuritomo & Rossieta.2014. Politik Dinasti, Akuntabilitas dan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Di Indonesia. SNA 17 Universitas Mataram

Peraturan Dirjen Perimbangan Keuangan No 4/PK/2020 tentang Tata Cara Pemotongan DAU Tahun Anggaran 2020 bagi Daerah yang tidak memenuhi kewajiban penyampaian laporan dalam rangka penanggulangan COvid 19.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Saputra, Bambang.2011. Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat. Thesis. Maksi. UII. Yogyakarta.

Sugiyono, 2003, Statistika Untuk Peneltian. Cetakan kelima, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009.Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Cetakan kedelapan. Bandung:Alfabeta

Susantih, H dan Saftiana, Y. 2009. “Perbandingan Indikator Kinerja Keuangan Pemerintah Provinsi se-Sumatera Bagian Selatan”. Jurnal Program Pascasarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Sriwijaya.

Tuasikam, Askal. 2008. Pengaruh DAU, DAK, PAD dan PDRB Terhadap Belanja Modal Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 1(2), h:142-155.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Wandira. (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD),Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH) Terhadap Pengalokasian Belanja Modal.

Wenny, Cherrya Dhia. 2012. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota Di Propinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Vol. 2 No. 1 September 2012




DOI: https://doi.org/10.31002/rep.v5i2.2202

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

P-ISSN: 2541-433X E-ISSN: 2508-0205

Published by Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Tidar

View My Stats