Title:


Inovasi Produk dan Orientasi Pasar: Suatu Kajian Deskriptif Pada UMKM Kerajinan Bahan Baku Alam di Semarang, Jawa Tengah


Author:


Mail Google Scholar Berta Bekti Retnawati(1*)
Mail Bernadeta Irmawati(2)

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata, Indonesia
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rep.v5i1.2304| Abstract views : 79 | PDF views : 0

Abstract


Dalam fenomena bisnis, industri kreatif memiliki keunikan dimana sebagian besar ditopang oleh faktor sosial, budaya, kearifan lokal, kelestarian lingkungan, dan keunikan lainnya yang digabungkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga industri ini. Kekuatan inovasi produk dan orientasi pasar menjadi modal besar bagi UMKM khususnya kategori kerajinan bahan baku alam dalam menghadapi dinamika perubahan dan persaingan. Bahan baku alam menjadi kekuatan utama diferensiasi hasil kerajinan ini, dibutuhkan kapabilitas inovasi produk yang bisa mengikuti perubahan pasar yang ada. Peneyempurnaan proses, desain baru, variasi dengan bahan baku lainnya, serta pengembangan varian produk menjadi fokus utama dalam inovasi produk. Orientasi pasar menjadi  budaya organisasi yang paling efektif dalam menciptakan perilaku yang diperlukan untuk menciptakan nilai superior bagi konsumen untuk mengarah pada superioritas tinggi bagi UMKM. Industri kerajinan bahan baku alam memiliki potensi  tinggi di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Semarang. Penelitian deskriptif ini adalah tahap awal dalam mengungkap tanggapan UMKM pada berbagai indikator dari semua variabel penelitian ini. Tidak semua indikator memberikan fakta positif dan sebaliknya memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi nyata yang dialami oleh UMKM kerajinan berbahan baku alam. Hasil riset awal ini diharapkan menjadi masukan yang berharga bagi berbagai pemangku kepentingan terkait dengan sektor industri ini. Beberapa kelemahan dari penelitian ini juga dibahas sebagai masukan untuk perbaikan penelitian berikutnya


Keywords


Inovasi Produk, Orientasi Pasar

Full Text:

PDF

References


Abebe, M. (2014). Electronic commerce adoption, entrepreneurial orientation and small- and medium-sized enterprise (SME) performance Journal of Small Business and Enterprise Development, 21(1), 100-116.

Covin, J. G., & Miller, D. (2014). International Entrepreneurial Orientation: Conceptual Considerations, Research Themes, Measurement Issues, and Future Research Directions Entrepreneurship Theory and Practice, January, 11-44.

Dai, L., Maksimov, V., Gilbert, B. A., & Fernhaber, S. A. (2013). Entrepreneurial orientation and international scope: The differential roles of innovativeness, proactiveness, and risk-taking. Journal of Business Venturing. doi: 10.1016/j.jbusvent.2013.07.004

G.Alpay. (2012). How does Innovativeness Yield Superior Firm Performance? The Role of Marketing Effectiveness. Innovation: Management, policy & practice, 14(1), 107-128.

Gunday, G. (2011). Effect of Innovation Types on Firm Performance. International Journal Production Economics, 133, 662-676.

Jintong, T., Tang, Z., Zhang, Y., & Li, Q. (2007). The Impact of Entrepreneurial Orientation and Ownership Type on Firm Performance in the Emerging Region of China. Journal of Developmental Entrepreneurship, 12(4), 383-397.

Leong, H. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Kelompok Usaha Buruh dan Nelayan di Semarang. Universitas Kristen Duta Wacana. Prosiding Seminar Nasional.

Morris, M. H., Coombes, S., & Schindehutte, M. (2007). Antecedents and Outcomes of Entrepreneurial and Market Orientations in a Non-profit Context: Theoretical and Empirical Insights Journal of Leadership and Organizational Studies, 13(4), 1-30.

Retnawati, B. B., & Irmawati, B. (2014). Orientasi Entrepreneur: Anteceden dan Implikasinya pada Speed Market Response Capability dan Kinerja Perusahaan Industri Jamu sebagai Produk Pewaris Budaya Indonesia: Penelitian Fundamental Ditlitabmas Dikti.

Retnawati, B. B., & Irmawati, B. (2017). Role of Entrepreneurial Orientation and Customer Orientation on Organizational Performance with Speed Market Response as the Mediating Variable (a Study in Indonesian Jamu Industry). Advanced Science Letters




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rep.v5i1.2304

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

P-ISSN: 2541-433X E-ISSN: 2508-0205

Published by Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Tidar

View My Stats