Title:


MENGUBAH TANTANGAN MENJADI PELUANG UMKM INDONESIA DALAM MENGHADAPI MEA 2015


Author:


Mail Emma Dwi Ratnasari(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/rep.v1i1.52| Abstract views : 297 | PDF views : 0

Abstract


AEC merupakan komunitas kerjasama perdagangan bebas yang mencakup manusia( tenaga kerja), barang dan jasa tanpa halangan dan batas lagi. Indonesia merupakan pasar yang cukup potensial dan diperhitungkan di negara ASEAN, AEC merupakan tantangan sekaligus peluang yang dapat dimanfaatkan bagi negara Indonesia khususnya bagi UMKM.Adapun permasalahan yang diangkat yaitu: bagaimana kondisi dan perkembangan UMKM di Indonesia, apa saja tantangan UMKM Indonesia dengan adanya AEC, peluang apa saja bagi UMKM dengan adanya AEC, serta strategi apa agar UMKM Indinesia dapat mengubah tantangan menjadi peluang sehingga dapat mendatangkan pendapatan. Tujuannya untuk mengidentifikasi tantangan, peluang dan strategi UMKM dalam ajang AEC.Metode yang digunakan yaitu, dengan deskripsi eksploratif. Strategi UMKM dalam ajang AEC yaitudengan penguatan daya saing global, penguatan pasar domestik dan penguatan ekspor.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/rep.v1i1.52

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

P-ISSN: 2541-433X E-ISSN: 2508-0205

Published by Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Tidar

View My Stats