Title:


SOSIALISASI PENGGUNAAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT DI KELURAHAN WATES


Author:


Mail Sekar Jati(1*)
Mail Muhammad Radian Nur Alamsyah(2)
Mail Annisa Nikhayatul(3)
Mail Dahlia Silvi Umi Hanik(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3225| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tanaman Obat Keluarga mulai dilirik oleh sebagian masyarakat Indonesia. Penggunaan tanaman obat dianggap kuno dan tidak banyak memberikan hasil yang signifikan. Sosialisasi penggunaan tanaman obat keluarga untuk mewujudkan masyarakat sehat di kelurahan Wates ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang jenis-jenis tanaman obat keluarga, khasiat/manfaat tanaman obat keluarga, pengolahan tanaman obat keluarga, penanaman tanaman obat keluarga serta waktu yang tepat untuk mengkonsumsi tanaman obat keluarga.  Sosialisasi penggunaan tanaman obat keluarga untuk mewujudkan masyarakat sehat di kelurahan Wates dengan metode ceramah, demonstrasi, serta diskusi dan tanya jawab. Adapun langkah-langkah kegiatan sosialisasi ini melalui tahapan: a) tahap persiapan, b) tahap pelaksanaan, dan c) evaluasi. Dari kegiatan sosialisasi tersebut didapat indikator capaian yaitu, 1) pemahaman tentang jenis-jenis tanaman tanaman obat keluarga berkualitas baik, 2) pemahaman tentang khasiat/manfaat tanaman obat keluarga dengan kualitas baik, 3) mampu mempraktikkan cara mengolah tanaman obat keluarga dengan kualitas baik, 4) penanaman tanaman obat keluarga dengan kualitas baik, dan 5) waktu yang tepat untuk mengkonsumsi tanaman obat keluarga dengan kualitas baik. Luaran dari sosialisasi ini berupa: 1) Lembar Leaflet Tanaman Obat Sebagai Imunomodulator dan 2) publikasi media sosial secara media online.

Kata Kunci: Masyarakat sehat, Sosialisasi, Tanaman Obat Keluarga,


Full Text:

PDF

References


Dwisatyadini, M. (2017). Pemanfaatan Tanaman Obat Untuk Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Degeneratif.

Keputusan Menteri Kesehatan RI Np. 381/Menkes/SK/III/2007

Lestari, S., Roshayanti, F., & Purnamasari, V. (2019). Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemanfaatan Tanaman Toga Sebagai Jamu Keluarga. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 22-26.

Martono, Y., Setiawan, A., & Widodo, S. (2018). SABDA TOGA (Sarana BudidayaTanaman Obat Keluarga) untuk Daerah Perkotaan di RT 04 dan 06 RW 07 Kelurahan Tegalrejo Kota Salatiga. Berdikari: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 1-10.

Peraturan Pemerintah Nomor 103 tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Rencana Strategi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2015-2019

Wirasisya, D. G. (2018). Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Sosialisasi Penggunaan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Di Desa Tembobor. Sarwahita, 15(01), 64-71.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3225

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.