Pendampingan Pengelolan Kelas Berbasis Assesment dalam Rangka Mempersiapkan Guru Profesional di Era Pembelajaran Digital
Abstract
Salah satu keterampilan yang wajib dimiliki seorang guru yaitu melakukan pengelolaan kelas. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan akan tercipta ketika guru mampu mengelola kelas dengan baik. Bagian dari pengelolaan kelas yakni guru harus mampu merencanakan pembelajaran yang dituangkan dalam perangkat pembelajaran mulai dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta Instrumen Evaluasi. Tujuan kegiatan PkM ini yaitu untuk membekali guru melakukan pengelolaan kelas, menyusun perangkat pembelajaran, serta melakukan kalibrasi instrument agar proses penilaian sesuai dengan seharusnya. Kegiatan PkM dilaksanakan melalui metode seminar, workshop dan pendampingan berkelanjutan. Kegiatan PkM dilaksanakan di SMP Dasa Semesta Kec. Bogor Selatan dengan jumlah peserta sebanyak 26 guru. Hasil kegiatan mendapatkan respon positif dari kepala sekolah maupun seluruh peserta karena dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baru. Kegiatan PkM ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan untuk lebih memberikan pendalaman dalam pengelolaan kelas berbasis assessment bagi guru sehingga dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan sebelumnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Wahyu Aji Fatman (2018). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1,
Karwati, Euis, dan Donni Juni Priansa. (2015). Manajemen Kelas. Bandung. Alfabeta.
Minsih dan Aninda Galuh (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar (JPPD). Volume 5 No.1
Dudung Ma’ruf Nuris, Suparti, dan Sulastri (2018). Penyusunan Pelatihan Perangkat Pembelajaran Berbasis TIK bagi Guru Akuntasi SMK. Dinamisia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 2 No. 2
Anggrahini (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vo. 2 No. 5.
Kuntum An Nisa Imania dan Siti Khusnul Bariah (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 5 No. 1.
Poncojari Wahono, H. Husamah, dan Anton Setia Budi (2020), Guru profesional di masa pandemi COVID. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol. 1 No. 1.
DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.7357
Refbacks
- There are currently no refbacks.