PENGUATAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI GERAKAN CINTA LINGKUNGAN DI SDN KEDUNGSARI 1 DAN SDN KEDUNGSARI 5 KOTA MAGELANG

Novitasari Novitasari, Muhammad Daniel Fahmi Rizal

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melaksanakan penguatan profil pelajar Pancasila melalui Gerakan cinta lingkungan di SDN Kedungsari 1 dan SDN Kedungsari 5 Kota Magelang. Penguatan profil pelajar Pancasila melalui Gerakan cinta lingkungan yang akan dilaksanakan diharapkan mampu mendorong siswa SD untuk memahami dampak aktivitas manusia baik jangka pendek maupun jangka panjang terhadap kelangsungan kehidupan di lingkungan sekitarnya maupun di dunia. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tiga tahap. Pada tahapan pertama, dilaksanakan pengukuran kemampuan awal peserta sebelum dilaksanakan kegiatan pengabdian. Berdasarkan hasil pengukuran awal, diperoleh kesimpulan bahwa siswa di kedua sekolah mitra memerlukan pendampingan dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Pada tahapan kedua, dilaksanakan kegiatan pemberian materi, diskusi, dan penugasan terkait penguatan profil pelajar Pancasila melalui gerakan cinta lingkungan. Pada tahapan ketiga, penguatan karakter profil pelajar Pancasila melalui gerakan cinta lingkungan dilaksanakan dengan menggambar, refleksi dan posttest. Berdasarkan pada perbandingan hasil skor pretest dan posttest siswa pada kedua sekolah mitra dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa tentang profil pelajar Pancasila melalui gerakan cinta lingkungan.

Keywords


profil pelajar Pancasila, gerakan cinta lingkungan, siswa SD

Full Text:

PDF

References


BPBD Pemkab Magelang. (2022). Banjir Bandang di Borobudur 2 Rumah Rusak dan 11 Kambing Mati. https://bpbd.magelangkab.go.id/home/detail/banjir-bandang-di-borobudur-2-rumah-rusak-dan-11-kambing-mati-/723 diakses pada 3 Desember 2022

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila diakses pada 4 Desember 2022.

Hurlock, Elizabeth B. (1997). Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. (2022). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan%20Kepmendikbudristek%20No.56%20ttg%20Pedoman%20Penerapan%20Kurikulum.pdf diakses pada 3 Desember 2022

Satria, Rizky, dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf diakses pada 3 Desember 2022.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v5i1.8523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.