Title:


Analisis Pengaruh Bentuk Paving Block Terhadap Kelendutan Perkerasan Jalan


Author:


Mail Google Scholar Rachmat Mudiyono(1)
Mail Google Scholar Nadia Salsabilla Tsani(2*)

(1) Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia
(2) Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v3i1.1231| Abstract views : 498 | PDF views : 0

Abstract


Perkerasan paving block atau Concrete Block Pavement (CBP) banyak digunakan dan menjadi pilihan yang menarik untuk perkerasan jalan. Variasi bentuk yang banyak dan mudah di aplikasikan menjadikan paving block sering digunakan pada perkerasan jalan di kawasan perkotaan maupun perumahan,paving block yang dibedakan menjadi 3 kategori yaitu four dented, two dented dan no dented. Ketiga jenis kategori paving block tersebut memiliki spesifikasi dan bentuk penguncian atau interlockingnya yang berbeda. Dengan menganalisa beberapa kategori paving block menggunakan portal dan alat sederhana yang bertujuan untuk mengetahui lendutan yang terjadi serta interlockingnya dengan menggunakan laying patern yang bebeda dan jarak sambung paving 3 mm, 4 mm, 5 mm. Analisa hasil praktikum yang didapatkan lendutan maksimum pada paving block bentuk bata menggunakan laying patern Strecher bond dan tanpa menggunakan bedding sand sebesar 5,8 cm. dan lendutan terkecil terjadi pada paving unipave (cacing) dengan jarak sambung sebesar 3 mm yaitu sebesar 1,3 cm. Lendutan itu terjadi bahwa bentuk-bentuk paving block sangat mempengaruhi terhadap kelendutan paving block, sehingga semakin besar ukuran tebal dan bentuk paving block maka kelendutan yang terjadi pada paving block semakin besar dan itu di miliki pada paving block jenis bata, sedangkan jika paving block memiliki ukuran tebal dan bentuk yang lebih kecil maka kelendutan yang terjadi pada paving block tersebut semakin kecil. Interlocking pada paving block juga mempengaruhi kelendutan yang terjadi pada paving block, Interlocking yang terjadi pada paving block ketiga jenis yang kami gunakan mempunyai penguncian yang berbeda. Semakin besar jarak interlockingnya pada paving block unipave, unidecore maupun bata maka lendutan yang terjadi akan semakin besar. Tetapi jika paving block memiliki interlocking semakin kecil maka akan mengurangi lendutan yang terjadi pada paving block.


Keywords


Paving block unipave, Unidecor , Bata, lendutan, Interlocking.

Full Text:

PDF

References


Apriani I.N.D., Rahardyan B., Pemanfaatan Limbah Spent Catalyst Sebagai Campuran Paving Block dan Batako, Jurnal Teknik Lingkungan Volume 17 Nomor 2, Oktober 2011.

Darwis Z., Soelarso, Pemanfaatan Limbah Bottom Ash Sebagai Bahan Baku Pembuatan Paving Block, Jurnal Fondasi Teknik Sipil, Volume 2 Nomor 1, 2013.

Fauna Adibroto, Pengaruh Penambahan Berbagai Jenis Serat Pada Kuat Tekan Paving Block, Jurnal Rekayasa Sipil, Volume 1, nomor 1, 2014.

Harun Mallisa, Pengaruh Batu Pecah Terhadap Kuat Tekan Paving Block, JurnalSMARTek, Volume. 4, Nomor 3, Agustus 2006.

Mudiyono R. Performance of concrete block pavement onsloped road section”. Disertasi S3 Universiti Teknologi Malaysia, 2006.

Ngudi E., Rahadian. M.R. Analisis Intrelocking Paving Block Hexagonal Dengan Metode Finite Element 3D Program SAP2000, Tugas Akhir Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2017.

Putra A., Kurniawandy A., Azhari, Pengruh variasi Bentuk Paving Block terhadap Kuat Tekan, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau, Volume 1 Nomor 1, 2014.

Qomaruddin M., Sudarno. Pemanfaatan Limbah Bottom Ash Pengganti Agregat Halus Dengan Tambahan Kapur Pada Pembuatan Paving, Jurnal Reviews in Civil Engineering, Volume 1, Nomor 1, 2017. Google Scholar.

Standar Nasional Indonesia untuk Paving Block. SNI-03-06910-1996.1996. Bata Beton (Paving Block).

Sutikno dan Gusti Gita Permadi Kusuma, Pengaruh Penyimpangan Dimensi Paving Block Terhadap Pola Pemasangan dan Kinerja Perkerasan Paving Block, Tugas Akhir Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rice.v3i1.1231

Article Metrics

Abstract view : 498 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id