Title:


PENGARUH FELDSPAR DAN AMPAS TEBU TERHADAP PROPERTIS TANAH EKSPANSIF


Author:


Mail Google Scholar Selvia Agustina(1)
Mail Lisa Fitriyana(2*)

(1) Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia
(2) Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v3i1.1259| Abstract views : 139 | PDF views : 0

Abstract


Salah satu upaya perbaikan tanah ekspansif adalah dengan stabilisasi, yaitu mencampurkan tanah dengan semen. Namun penggunaan semen memerlukan biaya besar. Oleh sebab itu, perlu pengganti semen. Pada penelitian ini, semen diganti dengan feldspar dan ampas tebu. Tujuannya adalah mengetahui pengaruh karakteristik tanah ekspansif setelah dicampur dengan feldspar dan ampas tebu, serta mengetahui campuran yang lebih baik dalam stabilisasi tanah ekspansif.

Penelitian ini menggunakan feldspar dan ampas tebu dengan kadar campuran 5%, 10%, dan 15%. Propertis tanah ekspansif yang dimodifikasi ditinjau dari pengujian atterberg limit dan direct shear. Hasil dari pengujian tersebut berupa indeks plastisitas (PI), liquid limit (LL), shrinkage limit (SL), kohesi (c), dan sudut geser dalam (j) dari campuran tanah.

Hasil menunjukan bahwa karakteristik tanah ekspansif yang dicampur dengan feldspar dan ampas tebu mengalami penurunan indeks plastisitas (PI) dan kohesi (c) sedangkan sudut geser dalamnya (j) semakin tinggi. Campuran yang paling baik adalah menggunakan feldspar dengan kadar 15%.


Keywords


Tanah Ekspansif, Stabilisasi, Feldspar, Ampas Tebu

Full Text:

PDF

References


Arnold Verruijt 2001. Soil Mechanics. Penerbit: Delft University of Technology – the Netherlands.

Budiman, N. Ari. 2013. Pengaruh Penambahan Abu Ampas Tebu terhadap Sifat Fisik dan Sifat Mekanik Tanah Lempung Ekspansif. Denpasar: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Universitas Udayana.

Destamara, A. 2015. Pengaruh Penambahan Abu Ampas Tebu Terhadap Karakteristik Tanah Lempung Ekspansif di Bojonegoro. Malang : Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya.

Fletcher, Q. Dvid., 1985, Mechanic of Materials, Holt Rinehart and Winston Holt-Saunders, Japan

Hardiyatmo, H.C., 2014, Tanah Ekspansif, edisi 1, Gajah Mada U Haryono, S. dan Sudjatmiko, A, 2011, Kajian Kandungan Pozzolan Pada Limbah

Haryono, S. dan Sudjatmiko, A, 2011, Kajian Kandungan Pozzolan Pada Limbah Abu Ampas Tebu (Baggase Ash) Dengan Suhu Pembakaran Secara terkontrol, Prosiding Simposium Nasional RAPI X, Fakultas Teknik, UMSniversity Press, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rice.v3i1.1259

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id