Analisis Bahu Jalan Menggunakan Perkerasan Paving Block

Nadia Salsabilla Tsani

Abstract


Pada saat ini angka pengguna kendaraan di Indonesia semakin mengalami kenaikan yang drastis. Dengan jumlah kendaraan yang sangat banyak maka dibutuhkan prasarana yang memadai agar pengemudi bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Salah satu fasilitas yaitu bahu jalan, bahu jalan adalah jalur yang terletak berdampingan dengan jalur lalu lintas yang biasanya berada di pinggir sebelah kiri yang berfungsi sebagai tempat berhenti sementara untuk kendaraan yang mengalami keadaan darurat. Banyaknya kebutuhkan Bahu Jalan tersebut maka dalam penelitian ini kami membuat Bahu Jalan yang terbuat dari Paving Block yang akan ditinjau dari aspek tebal, bentuk dan pola pemasangannya. Adapun Paving Block yang kami gunakan adalah paving block berbentuk holland/ bata dengan tebal 6 dan 8 cm. Serta kami akan menghitung Momen, Deformasi dan Penurunan Tanah pada desain Bahu Jalan bermaterial Paving Block dengan software Plaxis dan SAP2000. Desain Bahu Jalan bermaterial Paving Block ini dimaksudkan agar dapat menghasilkan desain Bahu Jalan yang optimal serta Paving Block sendiri bisa untuk mengurangi kecepatan kendaraan sehingga kendaraan yang mengalami keadaan darurat bisa aman.


Keywords


Bahu Jalan, Paving Block, Deformasi, Interlocking

Full Text:

PDF

References


AKBAR, F. T. (2006). PENINGKATAN MUTU PAVING BLOCK HEXAGONAL DENGAN MODIFIKASI CAMPURAN SEMEN PASIR YANG DIBUAT MANUAL.

Arfiane, D. a. (2017). PENINGKATAN KETAHANAN AUS PAVING BLOCK DENGAN MODIFIKASI CAMPURAN SEMEN PASIR YANG DIBUAT MANUAL.

Concrete Block Paving. (2009). Block D, Lone Creek, Waterfall Office Park, Bekker Road, Midrand: Concrete Manufacturers Association.

Gamping, M. (2017). Bahu Jalan.

Husna, A. a. (2017). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAPISAN BASE COURSE PADA PERKERASAN JALAN PAVING BLOCK DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM LAXIS (Studi Kasus Kawasan Kampus UNISSULA).

Indonesia, B. S. (1998). SNI (Standar Nasional Indonesia).

J, N. D. (2009). Analisis Penurunan Lapisan Pasir Alas.

(1997). Dalam TATA CARA PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN ANTAR KOTA. DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM.

Nugroho, E. N. (2017). ANALISIS INTERLOCKING PAVING BLOCK BENTUK HEXAGONAL DENGAN METODE FINITE ELEMENT 3D PROGRAM SAP 2000.

Qomaruddin, M dan Sudarno, S. (2017). PEMANFAATAN LIMBAH BOTTOM ASH PENGGANTI AGREGAT HALUS DENGAN MENAMBAHKAN KAPUR PADA PEMBUATAN PAVING. 1(1)

Rachmat Mudiono dan S. Sudarno (2019), THE INFLUENCE OF COCONUT FIBER ON THE COMPRESIVE AND FLEXURAL STRENGTH OF PAVING BLOCK. Engineering, technology and applied science and research, 9(5), 4702-4705.

Setyanto, H. W. (2016). ANALISIS PAVING BLOCK HEXAGONAL SEBAGAI BENTUK PAVING OPTIMUM.

Standar Nasional Indonesia. (1998). Indonesia: Badan Standardisasi Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________ Sekretariat Jurnal Reviews in Civil Engineering

Gedung 01 Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id