EVALUASI PELAYANAN DAN FASILITAS TERMINAL TIPE C DI PURWOREJO

Mustika Handayani, Sudarno Sudarno, Muhammad Amin

Abstract


Keputusan pemerintah Kabupaten Purworejo dalam tanggap darurat kedua yaitu penetapan lokasi pasar darurat bagi pedagang Pasar Baledono pasca kebakaran diputuskan terdapat 6 lokasi relokasi sementara salah satunya yaitu di Terminal Angkudes Kongsi sejumlah 310 unit kios darurat yang membuat kondisi Terminal Kongsi semakin memprihatinkan dan kurang terawat. Dengan demikian tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengevaluasi pelayanan dan fasilitas Terminal Kongsi di Kabupaten Purworejo.

Evaluasi fasilitas dilakukan dengan mengetahui kesesuaian fasilitas Terminal Kongsi Purworejo dengan standar terminal bus tipe C berdasarkan PM. Perhubungan No 132 Tahun 2015 dan menyebarkan kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan metode Customer Satisfication Index (CSI), sedangkan untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal terminal kongsi menggunakan metode Internal Factor Evaluation (IFE) Matriks dan External Factor Evaluation (EFE) Matriks.

Berdasarkan Peraturan Menteri No. 132 Tahun 2015 terdapat fasilitas umum dan penunjang di Terminal Kongsi yang belum tersedia yaitu bangunan kantor terminal, ruang pengobatan, ruang informasi dan pengaduan, telepon umum, tempat penitipan barang, dan taman. Serta terdapat fasilitas yang tidak layak yaitu tempat tunggu penumpang dan/atau pengantar, kamar kecil/toilet, dan kios/kantin. Berdasarkan analisis menggunakan metode CSI, hasil persepsi pelayanan dan fasilitas terminal masuk dalam skala penilaian “kurang baik” dengan persentase sebesar 49,98% untuk pengemudi dan 50,91% untuk pengguna. Berdasarkan analisis menggunakan metode IFE dan EFE Matriks, mendapatkan skor masing-masing sebesar 2,15 dan 2,56. Hasil IE Matrik berada pada kuadran V, diperoleh strategi yang sesuai yaitu strategi jaga dan pertahankan melalui strategi penetrasi pasar dan pengembangan fasilitas dan pelayanan Terminal Kongsi. Hasil ini menunjukkan bahwa Terminal Kongsi kurang berfungsi secara optimal

Keywords


Terminal Kongsi, CSI, IFE, EFE

Full Text:

PDF

References


Azizah, N. 2016. Resistensi Pedagang Dalam Relokasi Darurat Pasar Baledono Kabupaten Purworejo. Universitas Gajah Mada.

Azzahra, A, dkk. 2015. Analisis Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Servpere-IPA-CSI. Universitas Islam Indonesia.

Balaka, R, dkk. 2018. Analisa Kinerja Pelayanan Terminal Baruga di Kota Kendari. Universitas Halu Oleo Kendari.

Budiwaskito, R. 2011. Probabilitas Dan Statistik. Institute Teknologi Bandung.

Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Aangkutan Penumpang Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap Dan Teratur. Sekretariat Negara: Jakarta.

Dina, A, dkk. 2014. Evaluasi Purna Huni Sirkulasi dan Fasilitas Terminal Kartasura. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Harijadi. 2005. Studi Optimasi Terminal Purworejo. Universitas Diponegoro.

Konda, V, dkk. 2016. Pengaruh Layanan Terminal Bolu di Kecamatan Tallunglipu Terhadap Pertumbuhan Wilayah Kabupaten Toraja Utara. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kurniasari, D. 2019. Evaluasi Kinerja Dan Pelayanan Agkutan Umum Dengan Metode IPA (Importance Peformance Analysis) Di Kota Magelang. Universitas Tidar.

Lexy J. Moleong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Radakarsa: Bandung

Mahardika, Y. 2019. Analisa Tingkat Efektifitas Kinerja Terminal Tipe C Di Kota Mage;ang. Universitas Tidar.

Meyanti, S, dkk. 2015. Evaluasi Kelayakan Terminal Angkutan Umum Di Kecamatan Tobelo Tengah. Universitas Sam Ratulangi.

Mirnasari, R. 2013. Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purbaya-Bungurasih. Universitas Airlangga.

Ody, W, dkk. 2015. Evaluasi Kinerja Terminal Induk Kota Bekasi. Universitas Brawijaya.

Penina, T, dkk. 2018. Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Terminal Angkutan Umum Mardika Ambon. Politeknik Negri Ambon.

Purba, D. 2008. Analisis Prioritas Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Fungi Terminal Sarantama (Studi Kasus Terminal Sarantama Kota Pematang Siantar). Universitas Sumatera Utara.

Salam, M. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kualitas Kinerja Pelayanan Terminal Seruni Kota Cilegon. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Salma, Kintan N. D. 2019. Evaluasi Kinerja Dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Angkutan AKDP Magelang-Semarang (Studi Kasus: Per[indahan Terminal Terboyo ke Penggaron). Tugas Akhir. Universitas Tidar.

Sedayu, A. 2014. Analisis Deskripsi Tingkat Kebutuhan Fasilitas Terminal Purwoasri Kediri. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sedayu, A. 2015. Identifikasi Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Pengelolaan Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terminal Purwoasri Kabupaten Kediri. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sudarno. 2018. Analisis Lebar dan Tebal Lapis Perkerasan Lentur Ruas Jalan Kali Angkrik Kabupaten Magelang.


Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________ Sekretariat Jurnal Reviews in Civil Engineering

Gedung 01 Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id