ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING DAN PELICAN CROSSING TERHADAP KAPASITAS JALAN (Studi Kasus: Jalan Tidar, Kota Magelang)

Salya Audina, Sudarno Sudarno, Sat Agus Yuwana

Abstract


Fasilitas pelengkap jalan yang paling penting bagi pejalan kaki adalah jalur pedestrian. Mobilitas pejalan kaki memiliki fasilitas yang kurang tercukupi, sehingga terjadi lalulintas yang semerawut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan akibat hambatan samping, hubungan antara pelican crossing dengan kapasitas jalan terhadap panjang antrian dan kebutuhan fasilitas penyeberang jalan yang ideal dalam meningkatkan tingkat pelayanan jalan. Penelitian ini menggunakan metode PKJI 2014 dengan cara data arus lalulintas yang diperoleh dibagi dengan kapasitas jalan untuk memperoleh tingkat pelayanan jalan. Gelombang kejut digunakan untuk mendapatkan panjang antrian kendaraan yang diperoleh dari hubungan antar parameter lalulintas. Fasilitas penyeberang jalan yang ideal didapat dari PV2 dari data survei. Hasil yang diperoleh yaitu tingkat pelayanan jalan akibat hambatan samping di Jalan Tidar yang terendah yaitu pada hari Selasa, 17 Desember 2019 pada jam 16.00-17.00 didapat nilai D, yaitu arus mendekati tidak stabil tetapi kecepatan masih bisa dikendalikan. Hubungan antara pelican crossing terhadap panjang antrian di Jalan Tidar yaitu panjang antrian maksimum (QM) yang dihasilkan adalah 0,08720454949 km atau 87,20 m. Berdasarkan Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan (1995), hasil PV2 yang diperoleh yaitu 7,613x109. Fasilitas penyeberang jalan yang ideal di Jalan Tidar menggunakan pelican dengan pelindung.


Keywords


Tingkat Pelayanan Jalan, Hambatan Samping, Pelican Crossing, Panjang Antrian

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. N., Soeparyanto, T. S., 2013. Tinjauan Perilaku Pejalan Kaki dan Penyeberang Jalan pada Kawasan Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo, Universitas Haluoleo, Kendari.

Badan Pusat Statistik, 2018. Kota Magelang dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Magelang.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1995. Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, Jakarta.

Funan, G. A., Cornelis, R., Hunggurami, E., 2014, Studi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping di Jalan Timor Raya Depan Pasar Oesao Kabupaten Kupang, Undana, Kupang.

Hobbs, F.D., 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi Kedua. Ed. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Ikhsani, L. N., Khadiyanta, P., 2015. Persepsi Pengguna terhadap Jalur Pejalan Kaki Jalan Pemuda Kota Magelang, Universitas Diponegoro, Semarang.

Khasani, Y., Murtiono, E. S., Sukatiman, 2014. Analisis Sistem Parkir di Badan Jalan (On Street Parking) Terhadap Kelancaran Berlalu Lintas di Jalan Gonilan-Pabelan (Implementasi Dari Mata Kuliah Dasar-Dasar Konstruksi Jalan Dan Jembatan), Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, 2006. Peraturan Menteri Perhubungan No: KM 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan.

Lubis, A. S., Muis, Z. A., Nasution, T., 2016, Pemodelan Hubungan Paramaeter Karakteristik Lalulintas pada Jalan Tol Belmera, USU, Medan.

Mashuri, Ikbal, M., 2011, Studi Karakteristik Pejalan Kaki dan Pemilihan Jenis Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki di Kota Palu, Universitas Tadulako, Palu.

Muchtar, Chaerul. 2010. Identifikasi Tingkat Kenyamanan Pejalan Kaki Studi Kasus Jalan Kedoya Raya – Arjuna Selatan, Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Mudiyono, R., Anindyawati, N., 2017. Analisis Kinerja Ruas Jalan Majapahit Kota Semarang (Studi Kasus: Segmen Jalan Depan Kantor Pegadaian Sampai Jembatan Tol Gayamsari), Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Ofansha, R., Sugiarto, Anggraini, R., 2017. Analisis Tingkat Pelayanan Jalan W.R. Supratman Akibat Aktivitas Parkir di Pasar Peunayong, Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Pesik, B. S., Rompis, S. Y. R., Pandey, S.V., 2017, Studi Pemanfaatan Lampu Lalulintas Untuk Penyeberang Jalan dan Pengaruhnya Terhadap Panjang Antrian Kendaraan, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Bandung.

Rizani, A., 2013, Evaluasi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping, Politeknik Negeri Banjarmasin, Banjarmasin.

Sari, R. A., Efranto, R. Y., Cahyawati, A. N., 2016. Analisis Perbandingan Utilitas dan Perilaku Pemanfaatan Pelican Crossing di Area Universitas Brawaijaya, Universitas Brawaijaya, Malang.

Sondakh, C. E. N., Timboeleng, J. A., Manopo, M. E. R., 2014. Analisa Kebutuhan Pedestrian Pada Ruas Jalan Dotulolong Lasut Segmen Samping Bioskop Presiden Kota Manado, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Sudarno, Falakh, A. N., Navitasari, D. N., 2018, Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Raya Secang-Magelang Menggunakan Metode Analisa Komponen, Universitas Tidar, Magelang.

Tamin, O.Z., 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________ Sekretariat Jurnal Reviews in Civil Engineering

Gedung 01 Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id