ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP PEMBANGUNAN GEDUNG SD IT AL - MAWADDAH SEMARANG

Khoirudin Fakhri, Rachmat Mudiyono

Abstract


SD IT Al-Mawaddah saat ini menjadi alternatif pendidikan favorit yang memiliki aspek ilmu pengetahuan umum dan juga mengedepankan ilmu agama Islam di Tlogosari Semarang. Hal ini menjadikan SD IT Al-Mawaddah perlu melakukan perluasan pembangunan untuk memfasilitasi dan meningkatkan daya tampung. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa pengaruh keluar dan masuknya kendaraan proyek pembangunan gedung SD IT Al-Mawaddah, serta melakukan analisa sirkulasi penataan kendaraan yang terjadi di kawasan studi, dan memprediksi peningkatan jumlah siswa dalam 10 Tahun mendatang. Metode yang digunakan adalah MKJI 1997 untuk menganalisis kondisi ruas jalan dan beban lalu lintas yang akan terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah Sesuai dengan jam sibuk pagi pada dan jam sibuk sore bahwa volume per kapasitas (VC rasio) di kawasan studi memiliki tingkat pelayanan A. Pada kondisi saat ini tahun 2020, lokasi parkir kendaraan tidak mencukupi untuk kebutuhan karyawan dan tamu. Maka dari itu perlu adanya penambahan lahan parkir baru.

Keywords


Kawasan Pendidikan Dasar, Bangkitan Lalu Lintas, Pelayanan Lahan Parkir, Sirkulasi Penataan Kendaraan

Full Text:

PDF

References


Abubakar, I, Yani, A, Sutiono, E, 1996. Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib, Edisi Kedua, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Arief Subechi Widodo, 2007, Analisa Dampak Lalu intas (Andalalin) Pada Pusat Perbelanjaan Yang Telah Beroperasi Ditinjau Dari Tarikan Perjalanan (Studi Kasus Pada Pacific Mall Tegal), Semarang.

Dikun, S. dan Arief, D., 1993. Strategi Pemecahan Masalah Luas Bangunan dan Lalu Lintas, Bahan Seminar Dampak pemanfaatan Intensitas lahan gedung tinggi/Superblok di Jakarta terhadap lalu lintas di sekitarnya, Universitas Taruma Negara bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta.

Djamal, I dan Abimanyu, U. (1993). Pengaruh Pemanfaatan Gedung Tinggi Terhadap Dampak Lalu Lintas. Jakarta: Universitas Taruma Negara.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997), Dirjen Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Tamin,O.Z,1996, Simplified Public Transport Route Planning Method:A Study Case in Bandung (Indonesia). Urban Transport and the Environment,Vol II,Page 47-57.

Tamin Ofyar, 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.




DOI: 10.31002/rice.v4i2.2937

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id