Title:


EVALUASI PERILAKU LALU LINTAS TERHADAP SELA KRITIS ARUS LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA DI JALAN SOEKARNO – HATTA KENDAL


Author:


Mail Sri Rejeki Laku Utami(1*)

(1) Universitas Selamat Sri, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v5i1.3722| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Perilaku lalu lintas dari pengguna jalan maupun geometrik jalan juga menjadi faktor penunjang kelancaran arus lalu lintas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengoptimalan kinerja, karakteristik dan kapasitas lalu lintas, kuantitas untuk simpang 3 jalan Soekarno-Hatta Kendal arah perum Purin menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Pengambilan data dilakukan selama 3 minggu. Dalam sehari diambil 3 waktu pada saat jam sibuk, yaitu pukul 06.00-07.30, 11.00-12.30, 14.30-16.00. Pengolahan data menggunakan MKJI (1997) yang ditentukan berdasarkan kapasitas dan geometrik jalan pada simpang 3 jalan Soekarno-Hatta arah Purin. Pada simpang tersebut dibagi menjadi 3 golongan, yaitu Segmen A (dari Barat), Segmen B (dari Timur), Segmen C (dari Selatan).

Karakteristik lalu lintas dan arus lalu lintas dari simpang tiga jalan Soekarno-Hatta Kendal arah Purin merupakan tipe jalan 4 lajur terbagi 4/2 D dengan kelas hambatan samping rendah dengan nilai FCSf = 0,94 berdasarkan lebar bahu 0,5 m. Faktor penyesuaian hambatan samping dan lebar bahu dengan maks. 0,5 m – 2 m. Pada simpang tiga jalan Soekarno-Hatta lebar jalur lalu lintas > 3,75 m, maka nilai FCW pada penyesuaian  kapasitasnya adalah 1,03.Hasil penelitian diperoleh data kondisi pada ruas jalan Segmen A, dengan volume = 3999,3 smp/jam, DS = 1,3, ITP = F. Kemudian pada Segmen B diperoleh volume = 2743,6 smp/jam, DS = 0,91, ITP = D, sedangkan pada Segmen C nilai volume = 249,9 smp/jam, untuk DS = 0,08, nilai ITP = A. Arus lalu lintas yang paling padat kendaraan terjadi pada hari Selasa dikarenakan volume arus lalu lintas mencapai 3999,3 dengan DS = 1,3, ITP = F. Dapat disimpulkan volume arus lalu lintas buruk, dikarenakan awal hari masuk kerja dan aktifitas minggu. Arus lalu lintas terpadat terjadi pada Segmen A dan Segmen B, yang menyebabkan pemberian kesempatan sela tolak-terima bagi pengguna jalan dari Segmen C harus seimbang guna mengendalikan dan mengurangi konflik pada simpang tiga jalan Soekarno-Hatta Kendal dengan cara pemberian petunjuk jalan yang jelas seperti traffic light bagi Segmen C.


Keywords


simpang, sela tolak-terima, kapasitas jalan, perilaku lalu lintas, arus lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Alfagama, Habib. 2010. Kapasitas Ruas Jalan. https://habib00ugm.wordpress.com/2010/07/03/kapasitas-ruas-jalan/. (Diakses pada tanggal 3 Juli 2010).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal. “Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin Per Kecamatan di Kabupaten Kendal, 2017 – 2019”. https://kendalkab.bps.go.id/dynamictable/2017/06/14/110/jumlah-penduduk-menurut-jenis-kelamin-per-kecamatan-di-kabupaten-kendal-2017---2019.html.

Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jenderal Bina Marga dan Departemen Pekerjaan Umum: Jakarta

Iskandar, Hikmat. 2015. Analisis Faktor Jam Sibuk pada Jalan Luar Kota. Jurnal Jalan-Jembatan. 32(2): 75-86.

Merentek, Taufan Guntur Stallone., Theo K. Sendow,Mecky R. E. Manoppo. 2016. Evaluasi Perhitungan Kapasitas Menurut Metode MKJI 1997 dan Metode Perhitungan Kapasitas dengan Menggunakan Analisa Perilaku Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Antar Kota (Studi Kasus Manado - Bitung). Jurnal Sipil Statik. 4(3): 187-201.

Poei, Eliza Poernamasari. 2016. Perilaku Berlalu Lintas Yang Mendukung Keselamatan Di Jalan Raya. Jurnal Teknik Sipil. 14(1); 10-19.

Rahayu, Gati. 2009. Analisis Arus Jenuh dan Panjang Antrian pada Simpang Bersinyal: Studi Kasus di Jalan Dr. Sutomo-Suryopranoto, Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika. 12(1). 99-108.

Sibarani, Josua. 2015. Analisa atau Analisi?. https://www.kompasiana.com/djosua/5576abfc2f9773527181395d/analisa-atau-analisis. (Diakses pada tanggal 9 Juni 2015).




DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v5i1.3722

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks



Copyright (c) 2021 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id