Title:


KAJIAN PERBANDINGAN KELAYAKAN EKONOMI PADA PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU


Author:


Mail Imroatul Maghfiroh(1)
Mail Evi Puspitasari(2)
Mail Ria Miftakhul Jannah(3*)

(1) Tidar University, Indonesia
(2) Tidar University, Indonesia
(3) Tidar University, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v5i2.4822| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


ABSTRAK

Jalan Magelang-Purworejo merupakanijalanilintasiyangimenghubungkan Kabupaten MagelangidenganiKabupaten Purworejo diiProvinsi Jawa Tengah. Di ruas jalan ini termasuk jalanidenganivolumeilaluilintas yang tinggiidan dilalui oleh kendaraaniberat. Kondisi eksisting jalan yang mengalami banyak kerusakan yang disebabkan oleh beban berlebih dari kendaraan. Sehingga perlu adanya penelitian mengenai perencanaanitebal perkerasaniyang dibutuhkan dan sesuaiidenganikondisi di ruas jalan tersebut untuk meminimalisir kerusakan dan memberikan pelayanan jalan yang baik.

Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan merencanakan tebal perkerasanilenturidan tebal perkerasanikakuidengan mengacu pada BinaiMarga Tahun 2017. Dataiprimer yangidibutuhkanidalamipenelitianiini yaitu data laluilintas harianidanidataiCBR untuk mengetahuiidayaidukungitanahipadairuasijalan tersebut. Sedangkan untuk menghitung perbandingan kelayakan ekonomi menggunakan metodeiInternaliRateiof Returni (IRR).

Berdasarkan penelitian inilaiiInternaliRateiofiReturni (IRR) sebesar 16,3 % sedangkan untuk perkerasan kaku 21,8%. Keduanya memenuhi kelayakan ekonomi karena memiliki nilai yang melebihiitingkatisukuibungaipadaitahuniiniiyaitu sebesar 3,5%.Perkerasan kaku memiliki nilai IRR lebih tinggi dibandingkan dengan perkerasan lentur, sehingga jenis perkerasan kaku lebih sesuai untuk diterapkan.

Kata Kunci : Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Kelayakan Ekonomi, Internal Rate of Return (IRR)

 

ABSTRACT

Magelang-Purworejo street is a highway that connects Magelang Regency  with  Purworejo Regency in Central Java Province. This street includes road with high traffic volume and transferred by heavy street. The existing condition of theiroad isicausedibyithe excessive load of the vehicle. So there is a need for research on the required pavement thickness planning andiiniaccordanceiwithitheiconditionsiofithe axle to minimize damage and provide a good service.

The methodology used in this research is to plan theithicknessiofitheiflexible pavementiandirigidipavement with reference of Bina Marga 2017. The primary data needed in this research are dailyitrafficidata andiCBR value toidetermine the bearing capicity of the soil on the segment. Calculate the comparison of economic feasibility using InternaliRate ofiReturni(iIRRi).

Based on the research, the Internal Rate of Return value is 16,37%  and for rigid pavement 21,8%. Both of pavement   occupy economic feasibility because they have a value that exceeds the interest rate of this year  which is 3,5%. The rigid pavement has a higher IRR value than flexible pavement, so rigid pavement is more suitable to be applied.

Keywords  : Flexible Pavement, Rigid Pavement, Economic Feasibility, Internal Rate of Return (IRR)


Keywords


Structures

Full Text:

PDF

References


Apsari, M.A . (2017). Analisa Kelayakan Rencana Pembangunan Jalan Purwodadi-Batu. Jurnal Teknik Infrastruktur Sipil. Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Arif & Wateno. (2013) .Analisis Perbandingan Biaya Konstruksi Dan Perawatan Antara Perkerasan Jalan Lentur Dan Perkerasan Jalan Kaku Pada Proyek Frontage Road. Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya Desember 2013, Vol. 06, No. 02, hal 55 – 66

Departemen Pekerjaan Umum. (2005). Pedoman Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan : Biaya Tidak Tetap (Running Cost). Jakarta : Kementrian Pekerjaan Umum

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2003). Pedoman Perencanaan Perkerasan Beton Semen. Jakarta : Kementrian Pekerjaan Umum.

Haevi, Adyana & Putu (2014). Kajian Ekonomi Konstruksi Perkerasan Lentur Dan Konstruksi Perkerasan Kaku Studi Kasus Jalan Raya Pkt.Ebl-02 Tohpati – Kusamba. Jurnal Spektran Vol. 2. No .Jurnal Teknik Sipil

Hapsari, Retna. (2011) .Studi Perbandingan Biaya Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur Metode Annual Worth. Info teknik, Volume 12 No. 2.

K. P. Umum and D. J. B. Marga, “Manual Desain Perkerasan Jalan,” Nomor 02/M/BM/2013, 2013.

Khasanah, Khafidotul. (2021). Studi Perbandingan Benefit Cost Ratio Perkerasan Lentur dengan Perkerasan Kaku (Jalan Magelang Purworejo Km 08+00 s/d Km 10+00). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Tidar.

Ramadani, Fitria. (2016). Analisa Perbandingan Biaya Konstruksi Jalan Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Pada Jalan Maredan Provinsi Riau Comparative Analysis of Construction Costs Between Flexible Pavement and Rigid Pavement on Maredan Street Riau Province. Jurnal Saintis Volume 16 Nomor 1, 63 – 75

Sudarno, dkk. (2018). Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Raya Secang-Magelang Menggunakan Metode Analisa Komponen. Jurnal Disprotek Vol. 9 No. 2, 97-101.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rice.v5i2.4822

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id