Title:


Studi Perancangan Model Jembatan Rangka Pejalan Kaki Menggunakan Baja Ringan


Author:


Mail Sandi Prabowo(1*)
Mail Yudhi Arnandha(2)
Mail Dedy Firmansyah(3)

(1) , Indonesia
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v6i1.5755| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Abstrak. Jembatan pejalan kaki umumnya menggunakan beton bertulang atau kayu, keduanya memiliki kekurangan dari biaya dan pelaksanaan, sehingga perlu alternatif pemilihan material jembatan. Penelitian ini membahas perencanaan jembatan rangka pejalan kaki menggunakan material baja ringan. Metode analisis struktur jembatan menggunakan SAP 2000 dan SNI 7971-2013. Beban jembatan menggunakan SNI 1725-2016 dan SEMPU No. 02/SE/M/2010. Perencanaan ini dilakukan pada bentang 3 m, 4 m, 5 m, dan 6 meter. Hasil penelitian yang didapatkan adalah baja ringan dapat menjadi alternatif material pembuatan jembatan rangka pejalan kaki. Jembatan dapat menahan beban 570 kg. Biaya jembatan pelat lantai kayu bengkirai sebesar Rp. 2.777.000, Rp. 3.595.000, Rp. 4.079.500, dan Rp. 4.440.500. Untuk jembatan pelat lantai profil R sebesar Rp. 1.810.000, Rp. 2.453.000, Rp. 3.523.500, dan Rp. 3.744.500. Durasi pelaksanaan maksimal 7 jam. Metode pelaksanaan yaitu perakitan dilakukan di tempat lain kemudian di lokasi jembatan tinggal dipasang. Hasil perencanaan tersebut dijadikan manual/standar pembuatan jembatan rangka pejalan kaki.

Keywords


Baja Ringan, Jembatan Rangka, Pejalan Kaki, Keamanan

Full Text:

PDF

References


Effendi, M., dan Hendarto, R., M., 2013, Dampak Pembangunan Jembatan Suramadu Terhadap Perekonomian Madura, Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Pedoman Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Jembatan Gantung untuk Pejalan Kaki, 2010, SEMPU No. 02/SE/M/2010 Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta.

Pembebanan Untuk Jembatan, 2016, SNI 1725-2016, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Prasetiyo, D., 2011, Siginifikasi Nilai Modulus Elastisitas Kayu Meranti, Mahoni, Bengkirai yang ada di Pasaran dengan SNI 2002, Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Struktur Baja Canai Dingin, 2013, SNI 7971-2013, Badan Standarissi Nasional, Jakarta.

Sunderlin, W., dan Resosudarno, P., 2017, Laju dan Penyebab Deforestasi di Indonesia Penelaahan Kerancuan dan Penyelesaiannya, Vol. 1 No. 9, CIFOR Occasional Paper, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v6i1.5755

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id