Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Madureso Temanggung Menggunakan Metode MKJI 1997 dan PTV VISSIM
Abstract
Abstrak: Persimpangan merupakan suatu bagian jalan yang menjadi pusat terjadinya titik konflik dari berbagai pergerakan arus lalu lintas. Simpang 4 Terminal Madureso Temanggung merupakan pertemuan empat ruas jalan yang memiliki kondisi fisik/geometrik dengan empat lengan dan merupakan simpang bersinyal yang dimana mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas di ruas jalan-jalan persimpangan tersebut. Karena adanya jarak antar pendekat simpang yang cukup panjang, sehingga kendaraan yang melintasi pendekat tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk keluar dari persimpangan. Untuk itu diperlukan adanya manajemen lalu lintas yang tepat untuk mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, oleh sebab itu maka perencanaan simpang jalan tak sebidang penting untuk di lakukan sebagai solusi dari peningkatan arus lalu lintas pada ruas simpang Madureso, Temanggung.
Kata Kunci: MKJI 1997, Kinerja Lalu Lintas, Persimpangan, APILL, Jalan layang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bawangun, V., Sendow, T.K., Elisabeth, L., 2015. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Untuk Simpang Jalan W.R. Supratman dan Jalan B.W. Lapian di Kota Manado. Jurnal Sipil Statik. 3(6), 422-434.
Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.
Irawan, M.Z., dan Putri, N.H., 2015. Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas Tercampur Pada Simpang Bersinyal (studi kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta). Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda. 13(3), 97106.
Misdalena, F., 2019. Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Simpang Jakabaring Menggunakan Program Microsimulator Vissim 8.00. Jurnal Desiminasi Teknologi, 6(1), 35-41.
Rumayar, A. L. E., dan Lefrandt L. I. R., (2018). Analisis Simpang Tak Bersinyal Dengan Bundaran (Studi Kasus: Bundaran Tugu Tololiu Tomohon). Jurnal Sipil Statik, 6(6), 423-430.
Sriharyani, L., dan Hadijah, Ida., 2017. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Diponegoro Sudut Polres Kota Metro. Tapak Jurnal. 7(1), 7-17.
DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v6i1.5762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Reviews in Civil Engineering
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Reviews in Civil Engineering
P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119
Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar
Sekretariat :
Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116
email: civil_teknik@untidar.ac.id