Title:


PENGARUH CAMPURAN GRADASI AGREGAT TERHADAP PERMEABILITAS BETON POROUS PADA APLIKASI LANTAI LABORATORIUM


Author:


Mail Google Scholar Orcid Yudha Hanova(1*)
Mail Rizky Franchitika(2)
Mail Nanda Nanda(3)

(1) Institut Teknonologi Medan, Indonesia
(2) Institut Teknonologi Medan, 
(3) Institut Teknonologi Medan, 
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v2i2.945| Abstract views : 116 | PDF views : 0

Abstract


Penggunaan beton porous pada lantai laboratorium merupakan salah satu upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi genangan akibat tumpahan air dari peralatan laboratorium. Beton porous yang akan digunakan harus memiliki nilai permeabilitas dan porositas yang terukur guna mengoptimalkan fungsi penggunaan beton porous tersebut. Nilai permeabilitas dan porositas beton porous dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor tersebut adalah ukuran gradasi agregat.

Komposisi pembuatan beton porous mengacu pada mix design yang digunakan oleh Holcim Singapore. Agregat yang digunakan adalah aggregat alam dengan variasi gradasi tidak seragam  berdiameter 19.00 mm(#3/4), 12.50 mm(#1/2), dan 9.50 mm(#3/8). Sampel dibuat menjadi tiga variasi gradasi agregat dengan perbandingan (1(#3/4):2(#1/2):1(#3/8)); (2(#3/4):1(#1/2):1(#3/8); dan (1(    #3/4):1(#1/2):2(#3/8). Masing-masing 5 sampel. Sampel berbentuk silinder berdiameter 4 inci dengan ketebalan 15 cm.

Nilai Permeabilitas rata-rata terbesar terjadi pada variasi campuran gradasi agregat (1(#3/4) : 2(#1/2) : 1(#3/8)) sebesar 0,58 cm/det dengan porositas rata-rata 7,35 %. Variasi gradasi agregat dalam penelitian ini tidak mempengaruhi permeabilitas dan porositas secara signifikan.


Keywords


Beton Porous, Gradasi Agregat, Porositas, Permeabilitas

Full Text:

PDF

References


Concrete in Practice, CIP 38 – Pervious Concrete, NRMCA, http://www.nrmca.org.

Concrete Pavement: Field Performance Investigation on Parking Lot and Roadway Pavements, Final Report, Norbert Delatte, Professor Dan Miller, Aleksandar Mrkajic, Graduate Research Assistants, Department of Civil & Environmental Engineering, Fenn College of Engineering, Cleveland State University. Holcim Thailand

Antoni. Green Concrete: Porous Concrete Pelajaran dari LKTB 2008. ResearchGate, 31 Maret, 2017.

Hanta. Lius, Makmur.Amelia, Studi Eksperimental Pengaruh Bentuk Agregat Terhadap Nilai Porositas Dalam Campuran Beton Berpori Pada Aplikasi Jalur Pejalan Kaki. The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung, August 28, 2015.

Michael L. Leming, H. Rooney Malcom and Paul D. Tennis, Hydrologic design of pervious concrete, Portland cement association (PCA), PP 1-73.

Priyadarshana. Thushara, et all, Pervious Concrete – A Sustainable Choice In Civil Engineering And Construction, Holcim (Lanka) Limited, 413 R A De Mel Mawatha, Colombo 3, Sri Lanka.

Repot on pervious concrete, ACI 522R-10, advancing concrete knowledge, American concrete institute, PP 1-43.

Specifier’s Guide for Pervious Concrete Pavement Design, Version 1.2, Colorado Ready Mixed Concrete Association, http://www.crmca.org.

Stormwater Management with Pervious Concrete Pavement, American Concrete Pavement Association, http://www.pavement.com

Vernon R. Schaefer, Mix Design Development For Pervious Concrete In Cold Weather Climates, Final Report, Construction and Environmental Engineering, Iowa State University.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rice.v2i2.945

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id