Title:


PENYULUHAN MENANGKAL RADIKALISME MELALUI PENGUATAN KARAKTER SISWA DI MTS ARROSYIDIN MAGELANG


Author:


Mail Novitasari Novitasari(1*)
Mail Nike Mutiara Fauziah(2)
Mail Sukron Mazid(3)
Mail Achmad Busrotun Nufus(4)
Mail Yasnanto Yasnanto(5)
Mail Elfiyan Widiyanto(6)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(5) Universitas Tidar, Indonesia
(6) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Persoalan Radikalisme di Indonesia saat ini telah menjadi salah satu ancaman nasional. Ideologi-ideologi radikal terus mengikis nasionalisme bangsa ini. Radikalisme menjadi embrio lahirnya terorisme, dimana ideologi tersebut dapat dengan mudah mempengaruhi masyarakat sipil di Indonesia untuk menjadi pelaku teror yang dapat membahayakan masyarakat luas. Program-program deradikalisasi melalui penguatan pendidikan karakter siswa dapat menjadi salah satu alternatif soft power dalam menangkal ideologi-ideologi radikal. Melalui program penguatan karakter ini siswa dapat diarahkan untuk mengikis sejak dini sikap dan paham radikal. Oleh karena itu, dibutuhkan pengabdian kepada masyarakat untuk menangkal radikalisme melalui penguatan karakter siswa di MTs Arrosyidin Magelang. Pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan dengan menggunakan unsur-unsur pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Tahapan pertama adalah penyampaian materi dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan PAKEM berbasis karakter. Tahapan kedua dilaksanakan dalam bentuk menonton video, diskusi dan praktek dengan PAKEM berbasis karakter. Tahapan ketiga berupa evaluasi dan refleksi bersama guru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penyuluhan menangkal radikalisme dengan penguatan karakter membelajarkan beberapa nilai-nilai karakter secara tidak langsung, yaitu tanggung jawab, disiplin, jujur, kerja sama, dan sederhana.


Full Text:

##Full Text##

References


Amalia SP, Wulan Rizki. (2016). Pembelajaran Berbasis PAKEM pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Skripsi. Universita Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/24372/1/1401412314.pdf

Asrori, Ahmad. (2015). Radikalisme di Indonesia: Antara Historisitas dan Antropositas. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Vol. 9 No. 2, hlmn. 253: 268. DOI: 10.24042/klm.v9i2.331

Belmawa. (2016). Strategi Menghadapi Paham Radikalisme Terorisme – ISIS. https://belmawa.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/12/Strategi-Menghadapi-Paham-Radikalisme-Terorisme.pdf

Faruqi, Dwi. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa melalui Pengelolaan Kelas. Evaluasi, Vol. 2 (1). Hlm. 294-310. DOI: 10.32478/evaluasi.v2i1.80

Haryati, Sri. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Magelang: FKIP-UTM.

Hurlock, Elizabeth B. (1997). Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kompas.com. (2016). Ini Tiga Cara Penyebaran Radikalisme di Indonesia. https://nasional.kompas.com/read/2016/11/30/14081631/ini.tiga.cara.penyebaran.radikalisme.di.indonesia

Kompas.com. (2018) Jateng Masuk Zona Merah Penyebaran Radikalisme dan Terorisme. https://regional.kompas.com/read/2018/09/10/14251871/jateng-masuk-zona-merah-penyebaran-radikalisme-dan-terorisme

Kompas.com. (2019). 7 Kepala Sekolah di Jateng Terpapar Radikalisme, Ganjar Tindak Tegas. https://regional.kompas.com/read/2019/09/16/08491381/7-kepala-sekolah-di-jateng-terpapar-radikalisme-ganjar-tindak-tegas?page=all.

Kompas.com.(2019). Jateng Masuk Zona Merah Penyebaran Radikalisme dan Terorisme. https://regional.kompas.com/read/2018/09/10/14251871/jateng-masuk-zona-merah-penyebaran-radikalisme-dan-terorisme.

Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona, Thomas. (2015). Educating for Character Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Surat, I Made. (2016). Pembentukan Karakter dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Berbasi Saintifik. Jurnal EMASAINS, Vol. V (1). Hlm. 57-65. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/view/20/17

Winataputra, Udin Saripudin. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press.

Yunus, A Faiz. (2017). Radikalisme, Liberalisem dan Terorisme: Pengaruhnya Terhadap Agama Islam. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, Vol. 13 No 1, hlmn. 76-94. DOI: https://doi.org/10.21009/JSQ.013.1.06


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.