Title:


BUDIKDAMBER (BUDIDAYA TANAMAN DAN IKAN DALAM EMBER) UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KAMPUNG ORGANIK DI KAMPUNG DUMPOH KOTA MAGELANG


Author:


Mail Rr Retno Sugiharti(1*)
Mail Dhanes Noor Viana(2)
Mail Nibras Anny Khabibah(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Sejak tahun 2014 Kampung Dumpoh di Kota Magelang ditetapkan sebagai Kampung Organik, namun hingga ini pelaksanaan program tersebut belum maksimal. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang  pentingnya  pemanfaatan lahan pekarangan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga yang akhirnya bermuara pada ketahanan pangan keluarga. Metode yang diperkenalkan adalah metode tepat guna yaitu Budikdamber atau Budidaya Ikan dan Tanaman dalam Ember. Praktik langsung dilakukan untuk memberikan arahan langkah-langkah budidaya di lahan sempit dengan metode Budikdamber serta memanfaatkan limbah plastic dari minuman kemasan. Selanjutnya dilakukan pendampingan dalam pengelolaan Budikdamber untuk panen berkelanjutan. Harapannya, masyarakat dapat melakukan budidaya secara mandiri. Dari produk panen yang dihasilkan juga diberikan pelatihan kewirausahaan untuk pemasaran dan perhitungan keuntungan usaha untuk menambah penghasilan rumah tangga. Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode klasikal/ceramah, tutorial, praktik langsung dan diskusi. Secara umum, dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat yang diberikan, Warga Kampung Dumpoh adalah menjadi warga yang mandiri pangan yang sadar lingkungan. Luaran lain yang dicapai adalah peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang ketahanan pangan rumah tangga.


Full Text:

##Full Text##

References


Dumpoh. (2017). Profil Kampung Dumpoh. Retrieved from http://kampungdumpoh.blogspot.com/

Dwiratna, N.P.S., Widyasanti, A., dan Rahmah, D. M. (2016). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 19–22. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v5i1.8873

Febri, S. P., Alham, F., & Afriani, A. (2019). Pelatihan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) di Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, 3(1), 112–117.

Handayani, L. (2018). Pemanfaatan Lahan Sempit Dengan Sistem Budidaya Aquaponik. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2018.

K, R. F. (2019). Kota Magelang Kembali Raih Adipura di Tahun 2019. Retrieved July 22, 2020, from https://jogja.tribunnews.com/2019/01/14/kota-magelang-kembali-raih-adipura-di-tahun-2019

Kurniawan. (2016). Profil Kota Magelang. In Dokumentasi Best Practice Kota-Kota (12th ed., pp. 58–69). Jakarta: Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

LPPM-PMP. (2019). Panduan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tidar. Magelang: Universitas Tidar.

Nursandi, J. (2018). Budidaya Ikan Dalam Ember “ Budikdamber ” dengan Aquaponik di Lahan Sempit Fish Culture in a " Budicdamber " Bucket with Aquaponics on Narrow Lands, (2013), 129–136.

Sugiarso, A., & Riyadi, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) untuk Konservasi dan Wirausaha Agribisnis di Kelurahan Kedung Pane Kota Semarang. Dimas, 17(2), 343–366.

Susanti, S., & Afrila, A. (2016). Pemberdayaan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman Organik di Prodosumbul Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 1(1), 18–33.

Suyadi, A., & Nugroho, B. (2017). PELATIHAN MEMANFAATKAN LAHAN SEMPIT UNTUK BUDIDAYA SAYURAN ORGANIK. JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 1(2), 95–102.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.