Title:


PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN PEREMPUAN KEPALA RUMAH TANGGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19


Author:


Mail Luvia Friska Narulita(1*)
Mail Fajar Astuti Herawaty(2)

(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Mitra dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah siswa kelas XII dari SMK Negeri 3 dan SMK PIUS X Kota Magelang. Siswa tersebut adalah siswa dari program keahlian tata kecantikan dan jasa boga. Sebagai siswa SMK tentu saja mereka telah dibekali dengan keterampiilan yang langsung dapat diaplikasikan untuk bekerja di masyarakat. Akan tetapi agar dapat berhasil, selain dibutuhkan keterampilan dan keahlian, juga dibutuhkan kemampuan untuk dapat berwirausaha. Sebelum terjun ke dunia usaha juga dibutuhkan perencanaan yang matang agar sumber daya yang telah dikorbankan dapat memberikan hasil sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Pemberian pelatihan penyusunan business plan diharapkan dapat meningkatkan kesiapan, kepercayaan, dan kemampuan diri dari para siswa SMK sebelum mereka akhirnya terjun ke dunia bisnis nantinya. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah observasi dan wawancara dengan melakukan metode pengumpulan data dokumentasi dan diskusi dengan guru kewirausahaan dan guru BK. Melalui diskusi ini, diketahui bahwa kesiapan dan kepercayaan diri para siswa SMK untuk menghadapi dunia bisnis setelah lulus masih terbatas. Selanjutnya, pada tahap kedua adalah tahap pengembangan solusi melalui pemberian pelatihan penyusunan business plan.  Luaran utama yang dicapai dalam kegiatan ini adalah tersusunnya business plan dari para siswa. Luaran lain yang dicapai adalah peningkatan pengetahuan dan motivasi dari para siswa untuk mulai berwirausaha.


Full Text:

##Full Text##

References


Henriques, M. (2020, April 13). bbc.com. Retrieved June 4, 2020, from https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-52266162

Nawawi, I. (2019, Agustus 25). www.nu.or.id. Retrieved February 2020, from https://www.nu.or.id/post/read/110203/berdayakan-kader--fatayat-nu-jatim-siapkan-9-program-unggulan-.

Purnamasari, D. M. (2020, April 29). kompas.com. Retrieved June 4, 2020, from https://nasional.kompas.com/read/2020/04/29/16440841/kemen-pppa-kekerasan-perempuan-dan-anak-di-tengah-pandemi-covid-19-masih

Wang, S., & Wang, H. (2012). Information Systems Analysis and Designs. Florida: Universal Publishers.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.