Title:


PENGEMBANGAN USAHA JAMU HERBAL UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DALAM MENGHADAPI PANDEMU COVID-19


Author:


Mail Achmad Rafi'ud Derajat(1*)
Mail Johan Pamungkas(2)
Mail Hery Teguh Setiawan(3)
Mail Fuad Hilmy(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Indonesia  memiliki  2000 lebih lebih jenis tanaman obat-obatan. Banyaknya jenis tanaman obat-obatan membuka peluang yang besar untuk mengembakan industri olahan tanamaan obat yang berkisar anatara 58-60% dari total penduduk di Indonesia. Minat masayrakat terhadap konsumsi jamu atau olahan tanaman obat tradisional masih tinggi, walaupun saat ini pengobatan modern lebih maju secara teknologi dan Tindakan. Akan tetapi peluang yang besar ini, belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik.

Ketika Pandemi Covid-19 mulai outbreaks di Indonesia, segala jenis obat untuk imunitas terjual habis dan mengalami kelangkaan. termasuk obat dari jenis olahan  yang berbahan dasar jahe merah (Zingiber officinale var rubrum). Sebagai perintis industri rumah tangga, KBJ Jamu Herbal menganggap hal tersebut adalah sebagai peluang pengembangan bisnis produk Jamu Herbal Sebagai Peningkat Imunitas Tubuh terhadap Covid-19, yang selama ini masih dikelola secara konvensional dan terbatas. Dari Program Pemberdayaan Masyarakat Skema UKM yang diprakarsai oleh Ristekbrin diharapkan mampu menjadi penolong implementasi peningkatan pengembangan bisnis melalui penerapan teknologi tepat guna yang dapat membantu proses produksi yang dikembangakan KBJ Jamu Herbal menjadi produk yang lebih modern, higenis, dan terjangkau.


Full Text:

##Full Text##

References


Astriani, N., Purwantara, I., & ... (2020). PKM: Diversifikasi Produk Jamu Serbuk Instan Dari Herbal Usadha Bali Pada Kelompok Sari Pertiwi Desa Nyalian Kecamatan Banjarangkan. JPAI: Jurnal. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jpai/article/view/30281.

Duka, E. T. A., Setiawan, I. N., & Weking, A. I. (2018). Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Hybrid Pada Area Parkir Gedung Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga Dan Pengairan Kabupaten Badung. Jurnal SPEKTRUM. https://ocs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/44798.

Fathoni, M. N. (2020). Edukasi Tentang Covid-19 Serta Pemanfaatan Tanamaan Herbal Pada Pedagang Jamu Keliling Di Desa Tanjungsari. In Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public e-journal.unair.ac.id. https://e-journal.unair.ac.id/jlm/article/viewFile/23480/12833.

Hermansyah, heri. 2020. Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII. Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. https://lldikti1.ristekdikti.go.id/berkas/panduanpenelitiandanpengabdiankepadamasyarakatedisixiii.pdf.

Hidayat, F., Winardi, B., & Nugroho, A. (2019). Analisis Ekonomi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Di Departemen Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/21812.

Purwaningsih, E., Yuliwulandari, R., & ... (2019). Pengembangan Dan Perlindungan Obat/Jamu Tradisional Menuju Industri Obat Herbal Di Jawa Tengah Dan Jawa Timur. Jurnal Surya.. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SKD/article/view/3038.

Purworejo24.com. (2019, 13 Juli) Pengmas di Bagelen, UI Dorong Warga Angkat Potensi Desa. Diakses pada 7 Desember 2020, dari https://www.purworejo24.com/2019/07/13/pengmas-di-bagelen-ui-dorong-warga-angkat-potensi-desa/.

Ridho, M. A., Winardi, B., & (2019). Analisis Potensi Dan Unjuk Kerja Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Di Departemen Teknik Elektro Universitas. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/21831.

Winardi, B., Nugroho, A., & Dolphina, E. (2019). Perencanaan Dan Analisis Ekonomi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat Untuk Desa Mandiri. Jurnal Tekno. http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnaltekno/article/view/603.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.