Title:


PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DALAM BERTERNAK LELE MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN POMPA SIRKULASI AIR KOLAM LELE BERBASIS SOLAR SEL DI DESA MABUNG KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK


Author:


Mail Dirvie Juliando Sudirman(1*)
Mail Nur Asyik(2)
Mail Ahmad Sayid(3)

(1) Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
(2) Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
(3) Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Di era globalisasi dan modernisasi saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa ilmu pengetahuan turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat kita. Adanya teknologi yang ikut serta dalam proses penggerak roda perekonomian seringkali datang terlambat kepada masyarakat yang berakibat pada penurunan efektifitas dan efisiensi dalam berwirausaha. Maka untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan sosialisasi teknologi kepada masyarakat agar pengetahuan dan ketrampilannya sejalan dengan proses pertumbuhan ekonomi. Salah satu kawasan situs di Jawa Timur tepatnya di Desa Mabung, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Mereka merupakan sektor ekonomi yang berkembang cukup pesat, khususnya di sektor perikanan. Sektor perikanan mengalami perkembangan yang signifikan namun tidak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi energi terbarukan. Tambak lele sangat membutuhkan sirkulasi air untuk menjaga kondisi tambak ikan yang kondusif bagi kelangsungan hidup lele. Ikan lele dipilih oleh masyarakat karena memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan ikan sejenis lainnya, serta kandungan gizi pada ikan lele yang relatif sama dengan ikan air tawar lainnya, hingga saat ini masyarakat masih menggantungkan hidupnya pada pompa listrik untuk sirkulasi air. . Dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik di awal tahun 2017, terdapat masalah dengan kenaikan tagihan listrik. Hal ini berdampak signifikan terhadap keuntungan yang diperoleh para pembudidaya lele karena naiknya biaya produksi. Dengan naiknya biaya produksi maka harga ikan belepun pun ikut naik dan tentunya berdampak pada masyarakat atau konsumen.


Full Text:

##Full Text##

References


Buku Panduan Energi yang Terbarukan, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. www.containedenergy.com

Gracy S. Marpaung dan Widiaji. 2014. Raup Rupiah dari Sampah Plastik. Jakarta. Pustaka Bina Swadaya

Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna Penghematan Bahan Baku Fosil dalam Rangka Ketahanan Energi Nasional. Jurnal Lemhanas RI. Desember 2012.

“7 langkah budi daya ikan lele”, www.erakini.com


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.