Title:


PEMBUATAN MESIN PENETAS TELUR UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PETERNAK ITIK DI DESA NGRAJEK


Author:


Mail Ranny Puspita Dewi(1*)
Mail Muhammad Kholik(2)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Desa Ngrajek terletak di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang yang berjarak sekitar kurang lebih 14 km dari pusat kota Magelang. Sebagian warga masyarakat Desa Ngrajek berprofesi sebagai peternak itik. Selama ini masyarakat yang berprofesi sebagai peternak itikhanya mendapatkan penghasilan dari penjualan telur itik. Penerapan mesin penetas telur diharapkan dapat meningkatkan produktifitas peternak itik melalui penjualan anak itik, yang memiliki harga jual lebih tinggi. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Ngrajek dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah observasi dengan melakukan metode pengumpulan data dokumentasi dan diskusi dengan tokoh masyarakat sebagai stakeholder. Melalui diskusi ini, diketahui bahwa pengetahuan masyarakat mengenai mesin penetas telur masih terbatas. Selanjutnya, pada tahap kedua adalah tahap pengembangan solusi melalui perancangan dan pembuatan mesin penetas.  Luaran utama yang dicapai dalam kegiatan ini adalah mesin penetas telur. Luaran lain yang dicapai adalah peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi mesin penetas telur otomatis.

 


Full Text:

##Full Text##

References


Anonim. 2013. Profil Desa Ngrajek, KecamatanMungkid. http://desangrajek.magelangkab.go.id/index.php/first/artikel/32. Diakses tanggal 15 November 2018.

LPPM-PMP Universitas Tidar, 2018, Panduan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tidar, Universitas Tidar. Magelang.

Mangisah, I. & Sukamto, B. (2016). Pelatihan Budidaya Itik Secara Semi Intensif dan Penetasan Telur Di Desa Kebakalan Banjarnegara. Jurnal Info, Edisi XVIII, No.1, 13-28.

Sandi, S., Indra, A., Sari, M.L., dan Yosi, F, 2018, Penerapan Sistem Kawin Sodok dan Mesin Tetas Meningkatkan Produktivitas Itik Pegagan. Jurnal Pengabdian Sriwijaya.

Wijayanti, E.S. & Setiawan, Y, 2015, Pemanfaatan Mesin Tetas Teluruntuk Peningkatan Sektor Peternakandi Desa Lalang Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2, No.2, 57-63.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.