Title:


PEMBUATAN PEMBANGKIT LISTRIK MANDIRI DENGAN HYBRID SYSTEM DI DESA PRINGKUKU, PACITAN


Author:


Mail Yuda Widya Samudera(1*)
Mail Dirvi Eko Juliando S(2)
Mail Johan Pamungkas(3)

(1) Politeknik Negeri Madiun, 
(2) Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Saat ini kebutuhan akan energi listrik semakin meningkat. Peningkatan akan kebutuhan energi listrik beriringan dengan banyaknya orang yang mulai peduli dengan masalah lingkungan yang disebabkan oleh polusi serta terkait dengan ketersediaan bahan bakar fosil yang makin menipis. Sinar matahari menjadi salah satu sumber energi yang dilirik oleh banyak orang karena ketersediaannya yang melimpah. Salah satu alat untuk memanfaatkan sinar matahari agar berfungsi sebagai sumber energi listrik adalah panel surya. Panel surya saat ini masih bayak dipakai sebagai sumber energi listrik alternatif seperti pengairan kolam, stasiun pemancar radiu di dataran tinggi , penerangan jalan umum dan sebagian untuk rumah tangga. Agar penyerapan cahaya matahari menjadi optimal diperlukan solar tracking system untuk melakukan tracking terhadap sinar matahari. Solar tracking system pada umumnya hanya 1 axis, sehingga penyerapan energi kurang optimal oleh gerak semu matahari tahunan.  Maka dari itu penulis merancang solar tracking system dual axis agar penyerapan cahaya matahari menjadi optimal. Panel surya yang dipakai 50 WP mampu menghasilkan tegangan 17,4 Volt dan arus maksimal 3,14 Ampere sehingga daya puncak yang dihasilkan sebesar 50 Watt. Dengan mengikuti arah datangnya sinar matahari solar tracking system dual axis mampu menghasilkan daya rata-rata harian sebesar 62 % dari daya puncak yakni sebesar 31 Watt. Pringkuku yang terletak di Kabupaten Pacitan adalah salahsatu desa yang masih minim yang dapat dilayani sambungan listrik karena letak topologoginya yang berbukit sedangkan memiliki potensi pembangkit tenga sel surya.


Full Text:

##Full Text##

References


Muhammad Bactiar. 2006. Prosedur Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Trnaga Surya Unytuk Perumahan (Solar Home System). Jakarta. SMARTek

PT. LEN Industri, Buku Petunjuk Instalasi, Pengoperasian, & Pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (SHS 50 Watt peak).


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.