Title:


PEMASANGAN LAMPU PENERANGAN JALAN BERBASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS DI DUSUN GENTAN DESA PURWOSARI KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG


Author:


Mail Bagus Fatkhurrozi(1*)
Mail Ibrahim Nawawi(2)
Mail Trisma Jaya Saputra(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pengabdian Unggulan Universitas (PUU) ini bertujuan untuk menerapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Dusun Gentan. Kegiatan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) meliputi pemesangan panel surya, rangkaian kendali sel surya, baterai kering sebagai penyimpan energi listrik, inverter sebagai pengubah daya dari DC 12V menjadi AC 220 Volt, rangkaian panel monitor yang terdiri dari pengukur tegangan dan arus. PLTS akan disambungkan ke lampu penerangan jalan. Panel surya yang sudah terpasang sebesar 100 Wp, dengan aki sebagai media penyimpan mempunyai kapasitas 80Ah. Sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dapat bekerja dengan baik dengan tegangan yang ditunjukkan sebesar 14,4 V. Lampu penerang jalan yang dipasang sebanyak 3 titik masing-masing memiliki daya sebesar 10W.


Full Text:

##Full Text##

References


Agung, (2006) Energi dan Terbarukan (http://www.esdm.go.id/berita/323-energi-baru-danterbarukan/2846-energi-surya-dan-pengembangannya-di-indonesia.html.

Arief, S., 2014, Rancang Bangun Mesin Pencacah Rumput Gajah, Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIII (SNTTM XIII).

Goodland.R (2006), Pemanasan Global, http://vegclimatealliance.org/livestock-and-climatechange-qa, diunduh 27 Oktober 2012.

Hartana, D.R., Effendi, N., dan Yawara, E., 2016, Rancang Bangun Mesin Pencacah Rumput dan Penghancur Kotoran Kambing Prosiding Seminar Nasional XI “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2016.

M. Rif’an dkk Optimasi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Matahari di Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Jurnal EECCIS Vol. 6, No. 1, Juni 2012.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.