Title:


SOSIALISASI PEMBUATAN PEMBUKUAN KEUANGAN SEDERHANA UNTUK UMKM BATIK TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN


Author:


Mail Rifky Maulana Yusron(1*)
Mail R.A Rica Wijayanti(2)
Mail Didik Hermanto(3)

(1) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
(2) STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia
(3) STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0

Abstract


Tanjung Bumi adalah salah satu daerah di Kabupaten Bangkalan yang terkenal dengan kebudayaan batik tulis. Corak batik yang memiliki ciri khas dengan bahan-bahan serat alami membuat batik asal daerah ini banyak diminati oleh seluruh kalangan dari dalam negri hingga luar negri. Akibat adanya kebudayaan batik tulis Tanjung Bumi tersebut, di Kabupaten Bangkalan mulai bermunculan UMKM batik tulis yang salah satunya adalah UMKM Kampung Batik Telaga Biru. UMKM ini  merupakan usaha secara turun temurun. Namun, permasalahan yang terjadi adalah UMKM ini masih menggunakan pembukuan secara manual. Akibatnya, proses pencatatan keluar masuknya uang belum tertata rapi dan sulit untuk memprediksi besaran omzet yang dicapai dalam skala panjang. Pengelola UMKM yang memiliki keterbatasan pengetahuan dalam bidang teknologi menjadi alasan utama UMKM  Kampung Batik Telaga Biru belum memiliki pembukuan keuangan yang berbasis teknologi. Oleh karena itu, kami melakukan program pengabdian masyarakat tentang sosialisasi pembuatan pembukuan sederhana UMKM  Kampung Batik Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Metode yang kami lakukan adalah (1) pemaparan materi, (2) praktek pembuatan pembukuan keuangan sederhana, dan (3) pendampingan sekaligus pemantauan implementasi dari pembukuan yang sudah dibuat oleh UMKM  Kampung Batik Telaga Biru. Hasil dari program pengabdian masyarakat yang kami lakukan adalah UMKM  Kampung Batik Telaga Biru sudah memiliki pembukuan keuangan sederhana yang berbasis teknologi. Selain itu, pengelola serta karyawan yang mengikuti kegiatan sosialisasi sudah mahir dalam penginputan data keuangan ke dalam pembukuan keuangan sederhana yang berbasis teknologi.


References


Cahyani Tunggal Sari, E. I. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB MUKARABI NGARGOYOSO. WASANA NYATA : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 17-21.

Fadilah NurAizah, d. (2020). Strategi UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 46-62.

Hapsari, D. P. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Micro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akutansi, 36-47.


Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.