Title:


PELATIHAN PERAKITAN BAJA RINGAN


Author:


Mail Anis Rakhmawati(1*)
Mail Herlita Prawenti(2)
Mail Ali Murtopo(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, 
(3) Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0

Abstract


Baja ringan adalah suatu material bahan bangunan yang biasanya digunakan untuk konstruksi atap bangunan, baik itu untuk rumah, gudang, tempat parkir, pabrik, maupun bangunan lainnya. Baja ringan pada umumnya terbentuk dari bahan dasar campuran antara seng dan alumunium serta material tambahan lainnya yang kemudian dibentuk sesuai dengan profil yang diinginkan. Sehingga perlu kiranya dilakukan kegiatan transfer teknologi berupa kegiatan pelatihan yang terdiri dari kegiatanpenyuluhan dan praktek perakitan baja ringan  terhadap masyarakat Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Pemilihan lokasi didasarkan pada Desa Gunungpring adalah salah satu desa di Kabupaten Magelang yang dikenal sebagai desa wisata. Pembangunan infrastuktur yang berkelanjutan diperlukan untuk menunjang kemajuan desa wisata agar eksistensinya tetap terjaga.

            Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan  tahapan survey lokasi, survey bahan dan alat, pembuatan materi pelatihan,  pembuatan backdrop, penyuluhan dan praktek pelatihan perakitan baja ringan. Pelaksanaan penyuluhan di Ruang Pertemuan Balai Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Pelatihan perakitan baja ringan dilaksanakan di halaman Balai Desa, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Hasil pengabdian menggugah  pemahaman  Aparat dan Masyarakat Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan,Kabupaten Magelang dalam  perakitan baja ringanMelalui pelatihan perakitan rangka atap baja ringan bagi masyarakat, khususnya pekerja bangunan dan pemuda karang taruna diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan masyarakat sehingga dapat memicu pembangunan infrastruktur yang mandiri. Hal ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat desa sendiri.


References


Analisa Standar Nasional Indonesia Tahun 2010 untuk Rangka Baja Ringan dan Atap, 2010, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Hadi, T., 2018, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan, Bangun Rekaprima Vol.4, Semarang.

Keputusan Menaker Nomor 184 Tahun 2016, 2016, Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Konstruksi Golongan Pokok Konstruksi Gedung Bidang Pemasangan Baja Ringan, Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta.

Peraturan Muatan Indonesia Tahun 1970, 1970, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang (RKPD) tahun 2018, 2017, Peraturan Bupati Magelang Nomor 18 Tahun 2017, Magelang.

Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magelang 2010-2030, 2011, Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 5 taun 2011, Magelang.

Standar Nasional Indonesia Nomor 8399 Tahun 2017, 2017, Profil Rangka Baja Ringan, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.